--> Skip to main content

Cara Pasang Ads.txt Google Adsense di Blogger

Cara ....

Cara Pasang Ads.txt Google Adsense di Blogger

MANGYONO.com - Baru - baru ini di tahun 2018, di Akun Google Adsense ada tulisan peringatan dari Google Adsense untuk pasang ads.txt di root domain atau di dashboard blogger saya.


Ads.txt merupakan fitur baru pada dashboard blogger yang baru saja di luncurkan pada tanggal 31 Januari 2018. 


 Blog www.mangyono.com 
setelah pasang Ads.txt Google Adsense 


Dengan adanya fitur ini beberapa penayang atau publisher Google AdSense mengalami error pada akun adsense termasuk pada akun adsense saya notifikasi error tersebut seperti dibawah ini.

Bahasa Inggris:
 

"Earning at risk - one or more of your ads.txt file doesn't contain your AdSense Publisher ID. Fix this now to avoid severe impact to your revenue."

Bahasa Indonesia:
 

"Penghasilan Anda beresiko - Satu atau beberapa file ads.txt Anda tidak berisi ID penayang adsense. Perbaiki masalah ini sekarang juga untuk menghindari dampak yang serius pada pendapatan Anda."


Dari pesan di atas ini merupakan masalah serius yang perlu saya atasi atau perbaiki secepat mungkin karena dapat beresiko kepada pendapatan Google Adsense.


Ads.txt sebenarnya sudah ada sejak tahun 2017 lalu, namun beberapa blogger dari seluruh dunia memberi masukkan kepada developer dari Blogger untuk menambahkan fitur ini pada dashboard blogger, karena penggunaan file ads.txt ini harus di simpan pada bagian root domain atau akar domain sama seperti file robots.txt. Akhirnya di 31 Januari 2018 dikabulkan permintaan penambahan root domain atau akar domain
 
Berbeda dengan wordpress dengan menggunakan self-hosting atau hosting sendiri, kita dapat dengan mudah mengupload file ads.txt ini kedalam root domain kita dengan cara login melalui cpanel, namun berbeda dengan blogspot, kita tidak memiliki hak akses ke bagian hosting atau admin panel sehingga seluruh blogger di dunia memberi masukan untuk menambahkan fitur ads.txt ini pada dashboard blogger. 



Nah, berikut ini cara Pasang Ads.txt Google Adsense di Blogger
 1. Masuk ke Blogger.com
2. Lalu masuk ke bagian Setelan > Preferensi penelusuran > Monetisasi > ads,txt kustom > klik edit > Aktifkan konten ads.txt kustom? > pilih Ya. ( Lihat Gbr.2)



Cara Pasang Ads.txt Google Adsense di Blogger

Gbr.2 : Cara Pasang Ads.txt Google Adsense di Blogger

 

3. Lalu masukkan kode dibawah ini
google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0


Catatan:
Ganti pub-0000000000000000 dengan ID Penayang akun google adsense milik sobat.

4. Lalu klik Simpan perubahan
5. Silahkan cek apakah file ads.txt sudah terpasang dengan cara mengunjungi https://www.mangyono.com/ads.txt (
Silahkan ganti www.mangyono.com dengan domain milik sobat.)

Tunggu waktu hingga 24 jam untuk melihat perubahan. 


Baca :
Cara Mengaktifkan Dan Setting Robots.txt di Blogger  
Cara setting Tag Tajuk Robot Khusus Atau Robot Header Tags di Blogger  
Cara Pasang Ads.txt Google Adsense di Blogger
 
 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments