Mari menanam Anggrek dengan media pot

Mari menanam Anggrek dengan media pot

Sampurasun ... Rampes... Kali ini Mang Yono mau berbagi cerita tentang cara menanam Anggrek pada pot. Meskipun kebiasaan menanam bunga biasanya dilakukan oleh kaum Hawa tapi tidak ada salahnya Mang mencoba menanam bunga bagi  sobat - sobat juga bisa mencobanya. 

Pot yang baik bagi tanaman anggrek sebaiknya bukan cuma memiliki lubang pada bagian bawah. Tetapi baiknya pot juga memiliki lubang pada bagian samping.

(1). Pertama seperti biasa siapkan Gula Kopi dan langsung di seduh dengan Air Panas, Supaya ndak ngantuk, kalau ngantuk kan bahaya bisa - bisa ndak jadi menanam bunga Anggrek heheheh....
      
(2). Setelah mempersiapkan pot, maka selanjutnya yang harus diperhatikan adalah pemilihan media tanam. Media tanam untuk anggrek harus memenuhi beberapa persyaratan yaitu tidak mudah lapuk. Media tanam anggrek juga harusnya mempunyai aerasi udara yang baik yang mampu mengikat air dan zat hara secara baik, mudah didapatkan, dan harganya juga relatif murah. Kalau Mang mah membuat sendiri hehehe


Mari menanam Anggrek dengan media pot
 Anggrek Mang Yono dengan media pot
 (3). Beberapa media tanam anggrek yang cukup baik digunakan adalah  Sabut Kelapa, Kayu Arang, Pakis. Masing-masing media tanam yang biasa digunakan ini tentu memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri, namun demikian beberapa media tanam diatas dipastikan adalah sebagai media tanam terbaik untuk tanaman anggrek.         

(4). Langkah selanjutnya adalah memilih tiang penahan tanaman. Khusus untuk tiang penahan tanaman ini dapat dibuat dari kawat dengan diameter 2-4 mm. Fungsi dari tiang ini adalah untuk menyangga tanaman agar tidak goyang saat penyiraman dan juga perlakuan lainnya. Dengan bantuan tiang penahan akan membuat akar tidak terganggu. Namun ketika tanaman sudah tumbuh kuat, maka tiang penyangga dapat dilepas. 

(5). Untuk menaman anggrek didalam pot, maka langkah-langkah yang harus dilakukan adalah memasang tiang penahan hingga menyentuh dasar pot. Isi pot dengan pecahan batu bata atau genteng secukupnya, bisa sampai 1/3 tinggi pot. Kemudian masukkan media arang kayu atau potongan pakis 1/3 tinggi pot. Setelah itu tanaman anggrek diletakkan diatas media dan akar diatur supaya menyebar rata.

 (6). Jangan lupa batang tanaman diikat pada tiang penyangga. Yang terakhir diatas akar ditambah media lagi secukupnya. Perlu diingat, jangan sampai batang tanaman tertutup oleh media tanam. Hal ini untuk menghindari luka yang bisa menyebabkan busuk dan tanaman mati. Yang ditimbun oleh media adalah akar-akarnya saja.


Nah segitu dulu cerita dan pengalaman dari mang... semoga bermanpaat dan selamat menikmati...
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar