Empat Ribu Warga Subang Mendapatkan Pemasangan Gas Bumi Geratis

Sampurasun ... Rampes ...

Blog Mang Yono. Sebanyak 4 ribu kepala keluarga (KK) di dua desa, yakni Cidahu Kecamatan Pagaden Barat dan Dangdeur Kecamatan Subang sudah dilakukan pemasangan program pasokan gas bumi untuk rumah tangga dari pemerintah pusat melalui Direktorat Jenderal Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Pemasangannya sudah dimulai sejak tahun 2013. Jumlah kuota yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat sebanyak 4 ribu KK ini yang akan disuplai  dari  pertamina yang ada di Desa Cidahu Kecamatan Pagaden Barat, Subang. Penampungan Gas Alam Desa Cidahu, Subang, jaraknya sekitar 1 KM dari Pertamina desa Cidahu atau silahkan baca pada postingan saya sebelumnya tentang Pencemaran Udara Dari Limbah Pertamina Di Cidahu Subang

Empat Ribu Warga Subang Mendapatkan Pemasangan Gas Bumi Geratis
Penampungan Gas Alam Desa Cidahu, Subang. Poto By Mang Yono

Keempat ribu KK tersebut diproyeksikan hanya untuk warga di Desa Cidahu Kecamatan Pagaden Barat. Namun ternyata warga Cidahu hanya ada sekitar 2.500-an kk. Untuk memenuhi kuota itu, sasaran program kemudian diperluas ke desa yang berdekatan dengan desa Cidahu, yaitu wilayah Kelurahan Dangdeur sebanyak 1.500 kk.U ntuk yang 4 ribu KK ini tidak dipungut biaya sepeserpun. Sedangkan rumah saya dari desa Cidahu ini harus melewati satu desa lagi, yaitu desa Balingbing, jarak dari desa Cidahu kerumah saya sekitar 10 Km.

Katanya pemasangan pipa dan meteran Gas ketiap rumah ini lebih aman, dan hemat dibanding gas LPG yang ada sekarang. Sebab,katanya, tekanannya lebih ringan hanya mencapai 0,02,  sedangkan untuk gas LPG tekanannya lebih tinggi mencapai 10 sehingga  mudah meledak.

Warga Cidahu Mendapatkan Pemasangan Gas Bumi Geratis
Warga Cidahu Mendapatkan Pemasangan Gas Bumi Geratis
Nanti gas bumi untuk rumah tangga ini akan digunakan diseluruh Subang. Selain rumah penduduk, yang akan dipasang termasuk untuk fasilitas umum dan social yang ada di Kabupaten Subang.

Katanya Proyek pembangunan jaringan gas bumi senilai 43 miliar untuk kalangan rumah tangga yang diperuntukkan bagi 4.000 kepala keluarga di dua desa/kelurahan, yakni Desa Cidahu Kecamatan Pagaden Barat dan Kelurahan Dangdeur Kecamatan Subang.

Pemasangan pipanisasi gas dan beberapa peralatan lainnya tersebut sudah terpasang disetiap rumah yang berada di Desa Cidahu. Sebanyak 4.000 kepala keluarga (KK) di Desa Cidahu dan Kelurahan Dangdeur Kabupaten Subang, Jawa Barat, mendapatkan layanan jaringan gas rumah tangga gratis dari Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM). Ada pun pemakaian gasnya, tetap bayar, tetapi harganya murah. Jika biaya pemasangan jaringan gas rumah tangga itu dibebankan kepada setiap warga, nilainya mencapai Rp 5 juta per rumah. 

Wah nanti kalau saya mau pasang pipanisasi dan perlengkapan harus merogoh kocek 5 Jutaan, tapi saya berharap mudah – mudahan lebih murah dari itu hehehe.

Pemasangan jaringan gas rumah tangga gratis itu baru di Desa Cidahu dan Dangdeur. Saya sebagai warga Kecamatan Pagaden Barat berharap, proyek pro rakyat itu, ke depan bisa menjangkau jumlah keseluruhan 60 ribu KK yang tersebar di 60 desa di Kabupaten subang, Jawa Barat
 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar