Panen Kacang Tunggak (Vigna unguiculata, L) di sawah.

Sampurasun ... Rampes ..

Blog Mang Yono. Memetik  kacang tunggak, pada postingan sebelumnya saya pernah nulis tentang kacang tunggak di postingan Menanam kacang tunggak di lahan sawah untuk lalapan. Nah kali ini saya akan menulis ciri dan bentuk dari buah kacang tunggak .

Kacang tunggak  memiliki ciri polong tegak ke atas dan kaku. Kacang tunggak hampir sama dengan tanaman kacang panjang, namun kebanyakan tidak merambat. Batangnya lebih pendek dan berbuku- buku. Daunnya agak kasar, melekat pada tangkai daun yang agak panjang, dengan posisi daun bersusun tiga. Sedangkan bunga Kacang tunggak berbentuk seperti kupu-kupu, terletak pada ujung tangkai yang panjang. 

Panen Kacang Tunggak (Vigna unguiculata, L) di sawah.
Buah kacang tunggak kira – kira panjangnya 10 cm, berbentuk polongberwarna  hijau, dan kaku. Biji kacang tunggak berbentuk bulat panjang, agak pipih.

Kacang tunggak ditanam di sawah
Kacang tunggak ditanam di sawah, hanya dibagian pinggir dengan keliling

Kacang Tunggak (Vigna unguiculata, L) bijinya mempunyai kandungan protein cukup besar bila dibandingkan dengan kacang lain. 

Kacang Tunggak (Vigna unguiculata, L)
Daun dan polongnya yang masih muda cukup nikmat bila dikonsumsi sebagai sayuran. Jangankan buat sayuran daunnya biasanya saya buat lalapan mentah loh, sedangkan buah muda yang sudah ada polongnya untuk dibuat Pencok, seperti karedok tapi hanya dari biji/ polong kacang tunggak yang muda atau yang tua, asal belum dikeringkan, tapi kalau yang sudah dikeringkan juga bisa di olah menjadi makanan, yaitu dengan merendamnya dengan air hangat selama 1 hari 1 malam .

Kacang Tunggak (Vigna unguiculata, L)  dipetik hanya sedikit
Waktu memetik buah kacang tunggak tidak semuanya, karena polongnya masih muda, satu kantong juga cukup untuk dibuat PENCOK , khan masih ada daunnya untuk lalapan ehhehe.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar