Skip to main content

Mendadak Jadi Tukang Service Pompa Air

Sampurasun .. Rampes.

Blog Mang Yono. Didalam keperluan sehari – hari air itu penting, nah untuk mendatangkan / mengangkat air tentunya diperlukan mesin Pompa. 

Bayangkan bagaimana susahnya hidup kalau air tidak mengalir. Mau ngerek timba?, Khan sumurnya, sumur pantek atau PAM, mandi jelas susah, belum lagi urusan lain seperti mencuci atau yang lainnya. Makanya, ketika pompa air rusak tamat dah riwayatnya hehehe.

 

Rabu pagi kemarin Pompa Air Bu dokter dan pak dokter mengalami hal yang sama. Pompa air yang biasanya rajin mengantarkan air dari bak penampungan bawah ke Tangki atas tiba-tiba ngadat. Saklar menyala tapi tidak ada reaksi sama sekali dari pompa air. 

Si pompa tetap anteng tak bergeming dan tidak mengeluarkan suara apapun. Maklum khan saya tinggal dekat dengan pak dokter, jadi mulailah saya mencoba mencari tahu masalah apa yang membuat pompa air ngambek dan menolak berfungsi seperti biasa ... *Lagak tukang servis hahha. 


Yang paling pertama saya cek adalah pada stop kontak, jangan sampai ada kabel yang putus atau lepas. Setelah dicek ternyata stop kontak aman. Pindah ke bagian kedua. 


Dengan penuh rasa ingin tahu disertai rasa sok tahu akhirnya saya membongkar bagian atas pompa air. Di bagian itu ada beberapa kabel dan sebuah benda bulat panjang berwarna putih. Di benda itu tertulis “kapasitor” dan saya lihat ternyata Kapasitornya menggelembung dan hangus, retak - retak. 


“ Ternyata dari kapasitor masalahnya toh ... hehehe “ 

Setelah itu saya beli kapasitornya dan pasang kapasitornya... Dan langsung nyala deh pompa airnya hehehe.

Jadi, buat Anda yang mungkin nanti akan mengalami masalah pada pompa air dirumah, tidak perlu buru-buru mencari tukang servis. Silakan dicoba sendiri dulu, bila perlu bongkar sendiri hehehe.

Kelebihan dari diri saya, kalau bongkar – bongkar pasgiliran dipasang suka lebih, entah itu baut yang lebih, suku cadang yang lebih * berarti bagus ya hehhee Semprul ...

Prinsip saya kalau bongkar – bongkar pompa / mesin harus menemukan di mana titik masalahnya pada pompa itu. Saya akan lihat dan kalau ada yang ganjil tinggal bongkar, kalau tidak bisa masangnya tinggal bawa ke tukang servis pompa hahaha. Selesai…!


Sekedar tau : Saya sedikit punya pengalaman dalam servis pompa air, dulu sih Perusahan tempat saya bekerja pernah gabung dengan PT. Torishima Guna Engineering untuk Servis pompa - pompa penyuplai air ke PDAM di Jasa Tirta II Pompa Cawang, Pompa Aetra Pulogadung ( servis 6 Pompa yang besarnya segede Kerbau ), Pompa Air di danau Setiabudi dan masih banyak lagi hehehe... Seperti pompa pada poto dibawah ini
Ini Casing / Rangka pompa Candra Asih Cilegon
Ini Casing / Rangka pompa Candra Asih Cilegon
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar