Menghadiri Pernikahan Neng Rismawati di Pagaden Barat

Sampurasun ... Rampes.

Blog Mang Yono. Hari Minggu ( 19/10/2014 ) pagi saya sudah siap – siap untuk menghadiri pernikahan Neng Rismawati di Kampung Gardu, Desa Bendungan, Kecamatan Pagaden Barat, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Rumah Admin terhitung agak jauh juga dengan Rumah Neng Rismawati Rizkia ( Nama sebenarnya red), sekitar 50 Meter hahaha. Masih satu RT pula heheh... Cuma terhalang 4 Rumah doang heheh.  Saya datang pagi – pagi, tahu sendiri lah di kampung saya kalau ada acara – acar biasanya pada bantu tenaga atau pikiran dengan para tetangga, dari mulai menyiapkan kursi, kelengkapan lainnya. Sekalian numpang ngopi dan sarapan pagi geratis hahaha. Walau itu Cuma acara sederhana sekalipun... Yang penting semangat gotong royongnya brayy..

Menghadiri Pernikahan Neng Rismawati dengan Jang Akhmad K di Pagaden Barat.

Baca UPACARA ADAT SUNDA YANG MASIH DI LAKSANAKAN SERTA MASIH DILESTARIKAN

Pernikahan memang satu upacara sakral yang diharapkan sekali seumur hidup. Bentuk pernikahan banyak sekali bentuknya dari yang paling simple, dan yang ribet karena menggunakan upacara adat. Seperti pernikahan neng Rismawati dengan Jang Ahmad acaranya akad nikah doang, jadi acaranya cukup sederhana yang penting syah menurut agama dan Negara dulu, kalau acara hiburannya nanti menyusul, katanya sih setelah Panen Raya padi yang akan datang.

Pada hari yang telah ditetapkan oleh kedua keluarga calon pengantin, yaitu akad nikahnya pada Tanggal 19 Oktober 2014, Hari Minggu. Rombongan keluarga calon pengantin Pria datang ke kediaman calon pengantin perempuan beserta rombongannya.

Ngabageakeun / Penyambutan calon pengantin Pria dan rombongan pun dilakukan, calon pengantin pria “ Akhmad K” ( Nama sebenarnya red) , berasal dari daerah Cicadas, Binong, Kabupaten Subang. Orang tua dari calon pengantin perempuan mengalungkan untaian bunga melati kepada calon pengantin laki – laki.
Ngabageakeun / Penyambutan calon pengantin Pria dan rombongan
Ngabageakeun / Penyambutan calon pengantin Pria dan rombongan " Mohon ma'af saking buru - burunya motor admin diparkir disini, sedikit menghalangi ya .. hehehe "

Langsung dilanjutkan dengan penyerahan calon Pengantin Pria, yang mewakili pemasrahan calon pengantin pria biasanya adalah orang yang dituakan. Yang menerima dari perwakilan wanita juga diwakilkan.

Sekitar jam 8 WIB dilangsungkan dengan Akad nikah, petugas KUA, para saksi, pengantin pria sudah berada di tempat nikah. Kedua orang tua menjemput pengantin wanita dari kamar, lalu didudukkan di sebelah kiri pengantin pria.

Berikut Poto - poto yang berhasil saya jepret :


Diawali dengan pembacaan ayat suci al- Qura'n oleh mang Akung.



Sungkeman calon pengantin ke orang tua " Payan "


Akad nikah dilaksanakan, petugas KUA, para saksi, pengantin pria sudah berada di tempat nikah.
Akad nikah dilaksanakan, petugas KUA, para saksi, pengantin pria sudah berada di tempat nikah.

Selanjutnya dilakukan penanda tanganan surat Nikah dari kedua mempelai, Orangtua / wali nikah dan saksi - saksi.
Penanda tanganan surat Nikah dari kedua mempelai
Penanda tanganan surat Nikah dari kedua mempelai.

Acara akad nikah selesai dilaksanakan, selanjutnya Admin melihat ke juru pawon / tukang masak hehe.


Juru pawon / juru masak Teh Evi duet dengan Mih Erum, masakanpun siap di sajikan.
Ini tim juru masak sudah siap beraksi

Ini tim juru masak sudah siap beraksi Mih Una, Mak Ilem, Bi Idar dkk, termasuk  tim Keamanan hidangan "" Sadewi " duduk di kursi hehe.
Prasmanan yukk
Prasmanan dulu yuuuk ... Mareee..

Wah Admin jadi laper nih, sobat cukup segitu aja ya, admin ikut prasmanan dulu ya...
Selamat menikmati ya...
Selamat menikmati ya...

Setelah Admin pikir - pikir mendingan prasmanannya di pawon / dapur aja deh biar bisa nambah hehehe ...
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar