Skip to main content

Cara Membuat Tumis Jagung Muda

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.COM Sebagaimana resep tumisan lainnya, bumbu-bumbunya sangat simple dan mudah didapat, membuatnya juga mudah, karena itu agar masakan yang ditumis 'nendang' di lidah maka kekuatan utamanya terletak pada perpaduan garam dan gula ( tanpa penyedap mecin ).

Seringkali kita menemukan masakan yang rasanya 'cemplang' alias hambar, bumbunya sih komplit, sebenarnya mungkin bukan karena bumbunya yang salah tetapi mungkin karena takaran gula dan garamnya yang kurang atau tidak seimbang.... Yang bisa menjawab mungkin ya tukang masak heheh Karena sebanyak apapun bumbu dapur yang sobat masukkan tetapi jika tidak diimbangi dengan garam dan gula yang sepadan maka lezatnya masakan tidak akan maksimal keluar alias nendang hehehe.


 Cara Membuat Tumis Jagung Muda
 Cara Membuat Tumis Jagung Muda

Berikut ini akan saya tulis resep Tumis Jagung Muda, Resep hasil modifikasi Istri saya, maklum saya bisa masaknya cuma masak air hehehe. Jagung mudanya didapat dari tanaman sendiri, yang diambil jagung puputriannya, khan satu pohon jagung itu pasti ada dua buah jagungnya nah kita ambil saja buah jagung yang kecil, biar tersisa 1 dalam satu pohon jagung. Seperti photo dibawah ini.
Tanaman jagung di sawah.
Tanaman jagung di sawah. Silahkan baca di postingan Tumpang Sari Tanaman Jagung Dengan Padi Di Sawah

Bahan yang diperlukan:
- jagung muda kira – kira 500 gr, iris tipis
- 2 tangkai daun bawang, rajang halus
- 200 ml air
- 1 buah tomat merah, rajang
- 2 sendok makan minyak untuk menumis
- 2 lembar daun salam
- 2 butir bawang putih, haluskan
- 4 butir bawang merah, haluskan
- 4 butir cabai rawit merah ( kalau istrisaya gak pakai ini, karena anak saya yang kecil pasti ikut makan )
- 2 ruas jahe, iris tipis
- 2 ruas lengkuas, pipihkan

Bumbu lainnya:
- 2 sendok makan gula pasir
- 1 1/2  sendok teh garam ( dikira – kira saja )
- 2 sendok makan kecap manis
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk
 
Cara membuat:Siapkan wajan, panaskan minyak. Tumis bumbu iris hingga harum dan layu.  Masukkan bumbu-bumbu lainnya, aduk rata.

Tambahkan irisan jagung muda, aduk rata dengan bumbu, gunakan api sedang saja agar tidak gosong. Tuangkan 200 ml air kedalam tumisan, aduk-aduk dan masak hingga air tumisan hampir kering, cicipi kira – kira kurang apa, kalau sudah pas, angkat.
Tumis Jagung Muda sudah siap.. Yuk makan yuk heheh
Tumis Jagung Muda sudah siap.. Yuk makan yuk heheh
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar