Gotong – royong di acara pesta perhajatan di Subang

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com –  Di Dusun Gardu, Desa Bendungan  memiliki kebiasaan yang unik dalam melaksanakan berbagai aktivitas, salah satu contohnya di acara pesta yaitu dengan istilah Babantu / Gotong -royong.

Sebagian besar di wilayah Pagaden Barat, Kabupaten Subang, tepatnya di Kampung Gardu, Bendungan sifat gotong-royong tanpa mengharapkan imbalan masih terjaga dengan baik, semisal acara pernikahan, proses persediaan kebutuhan pesta, mulai pemasangan tenda / panggung, memasak konsumsi pesta, melayani tamu hingga proses adat masih dijalankan warga setempat secara suka rela tanpa mengharap imbalan jasa.

Masak babantu di acara pesta perhajatan di Subang. Foto dokumen pribadi
 Masak babantu di acara pesta perhajatan di Subang. Foto dokumen pribadi
Seperti di salah satu pesta pernikahan warga di Kampung Gardu, Bendungan, Kecamatan Pagaden barat, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, rasa kebersamaan dan kegotong-royongan warga setempat masih kental dalam mengikuti dan menghadiri hajatan, mulai dari proses penyediaan bahan sayur pesta yaitu nangka dan lainnya, menyediakan tempat memasak, menyediakan lokasi acara bahkan memasak hingga acara selesai dikerjakan secara bersama tanpa diberi imbalan.
 Babantu di acara pesta perhajatan di Subang. Foto dokumen pribadi
 Babantu di acara pesta perhajatan di Subang. Foto dokumen pribadi

Ini adalah suatu kebiasaan yang dijaga dan dilaksanakan secara turun-temurun, dan mudah - mudahan akan tetap dipertahankan oleh generasi mendatang


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar