Peralatan Masak Tradisional Indonesia Kukusan atau Aseupan

Sampurasun ... Rampes ...

MANGYONO.com – Setelah sebelumnya saya menulis tentang Peralatan Masak Tradisional Indonesia Dandang atau Se’eng. Kali ini saya lanjutkan dengan menulis Alat Masak tradisional Kukusan atau Aseupan.

Aseupan atau Kukusan merupakan pengukus nasi tradisional yang digunakan orang-orang terdahulu, namun fungsinya masih bertahan hingga sekarang. Bagi orang sunda, alat kerajinan ini sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, melihat fungsinya yang sangat bagus dalam menghasilkan nasi yang diidamkan semua orang.

Peralatan Masak Tradisional Indonesia Kukusan atau Aseupan
 Peralatan Masak Tradisional Indonesia Kukusan atau Aseupan.

Bagi orang sunda termasuk keluarga saya, alat kerajinan Aseupan atau kukusan ini sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, Kukusan/aseupan/pengukus nasi dan makanan ini biasanya digunakan oleh masyarakat jarang sekali pakai alat pengukus ini untuk menanak nasi, kecuali kalau mau membuat nasi Congcot atau nasi tumpeng ... Betul Tidak?. .

Dulu saya waktu masih duduk di SMP kalau kebetulan pelajaran Keterampilan Kerajinan suka membuat ayaman Aseupan, tapi sekarang sudah lupa lagi sepertinya ... Hehehe. Harga dari Anyaman Aseupan ini harganya ekonomis, tapi efeknya sangat luar biasa pada cita rasa masakan yang dihasilkan. Memasak nasi menggunakan aseupan akan menghasilkan nasi yang lebih pulen dan tidak cepat basi.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar