Tips Anak susah memakai atau ganti baju

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Setiap kali memakai atau ganti baju, anak saya rewelnya minta ampun. Ia tak pernah mau memakai baju dan celana.

Menurut pakar anak yang pernah saya baca, sebaiknya orang tua harus tau tentang ini : 

(i). Tawarkan padanya satu pilihan di antara dua atau tiga pilihan yang kita anggap serasi dipakai anak. Jika si anak tetap meminta pakaian yang dia inginkan, turuti saja. Jangan kita memaksanya untuk menuruti selera kita.
Tips Anak susah memakai atau ganti baju. Gigin memakai baju kekecilan    
Tips Anak susah memakai atau ganti baju. Gigin memakai baju kekecilan 


(ii). Ketika membeli pakaian, biarkan si kecil memilih yang ia sukai. Meskipun tidak menjamin kelak ia akan dengan senang hati mengenakan pakaian pilihannya sendiri, setidaknya itu memudahkan kita untuk membujuk agar ia mau mengenakan pakaiannya. Biarkan lemari pakaian si kecil penuh dengan pilih­ pilihanan. Karena bagi anak balita, hal itu malah menyenangkan hatinya.

(iii). Tak perlu takut atau malu jika si kecil suka memakai pakaian yang menurut kita "norak". Atau kita disindir orang tua lain. Keanehan-keanehan berpakaian biasanya berangsur berkurang, seiring dengan bertambahnya usia si kecil.

(iv). Balita seringkah belum mempunyai bahasa yang memadai ituk mengungkapkan ketidaksenangannya. Mereka belum ipat menyatakan apakah suka dengan pakaian yang dikenakan au tidak. Mereka hanya bisa menyatakannya dengan ekspresi au bahasa tubuh. Dengan mudah mereka akan menangis ketika veater yang dipakai terasa gatal, atau jins yang dipakai terasa iku. Jika si kecil punya perasaan yang peka terhadap pakaian ng dipakainya, berilah ia pakaian dari bahan yang lembut dan cukup longgar.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar