Cara memancing Ikan Lele Dumbo

Sampurasun ... Rampes

MANGYONO.com - Ikan Lele Dumbo salah satu ikan yang paling populer karena harga yang terbilang murah dan rasanya yang gurih. Orang bule menyebut ikan Lele Dumbo sebagai Catfish yang jika diartikan kedalam bahasa Indonesia adalah ikan kucing, mungkin karena memiliki kumis seperti kucing ya ... hehehe.

Hampir di pasar-pasar atau penjual pecel Lele menggunakan ikan Lele Dumbo ini dikarenakan banyaknya para petani ikan yang membudidayakan Ikan Lele Dumbo. Ikan Lele Dumbo memiliki kumis dimulutnya, badannya halus tanpa sisik, dan juga memiliki alat pertahanan yang beberapa orang menyebutnya sebagai pathil. Bahkan untuk lele Lokal pathilnya memiliki Bisa yang luarbiasa menyengatnya, seperti disengat lebah dan demam walaupun juga tidak terlalu berbahaya.. 

Ikan Lele Dumbo pathilnya tidak mengandung bisa dan tidak berbahaya
 Ikan Lele Dumbo pathilnya tidak mengandung bisa dan tidak berbahaya

Tetapi untuk ikan lele dumbo yang sering dibudidayakan oleh para petani pathilnya tidak mengandung bisa dan tidak berbahaya, sehingga apabila tangan kita terkena pathil ini kemungkinan akan hanya lecet sedikit. 

Ikan Lele Dumbo juga di sukai para mancing mania, karena pada dasarnya sangat rakus. Jika sobat hobi mancing dan ingin mencoba mendapatkan ikan lele dumbo, Saya akan berbagi Tips Memancing Ikan Lele Dumbo.

Ikan Lele Dumbo dapet mancing di sungai Ciasem
 Ikan Lele Dumbo dapet mancing di sungai Ciasem

Cara / Tips Memancing Ikan Lele Dumbo :
Pertama : Siapkan Jeujeur pancing dan Useup atau mata pancing 
yang standar ikan air tawar, apabila memancing di rawa, “empang” kolam atau air yang tenang gunakan “kukumbul“ apungan yang terbuat dari plastik atau bisa bikin sendiri dari kayu atau potongan sandl jepit ... heheh. Apabila ingin memancing disungai gunakan Jeujeur atau stick pancing yang panjang dan gunakan pemberat dari timah.


Kedua : Siapkan umpan, umpan yang disukai ikan lele dumbo yaitu umpan yang berbau amis seperti usus ayam, kulit ayam tapi bisa juga umpan biasa seperti jangkrik, cacing, lo’ot atau juga bisa laba-laba biasa. Jika anda memilih menggunakan usus ayam atau kulit ayam.

Mantra untuk menangkap lele
Mantra untuk menangkap lele" Sima aing sima maung, lain maung kasima ku aing tapi aing nu kasima kumaung" ... *Semprul Hahaha


Ketiga : Ikan lele pada umumnya ketika makan umpan biasanya langsung ditelan melalui mulutnya yang besar dan langsung dibawa lari. Ketika seperti ini tentu saja secara reflek kita akan menarik jeujeur useup / stick pancing.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar