Beternak Bebek Koco

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Bebek koco yaitu bebek yang dipelihara tidak begitu banyak antara 3 – 10 Ekor, bebek koco ini tidak di angon seperti bebek pada umumnya yang diangon ke sawah – sawah, tetapi cukup di abur atau istilah sundanya dikencarkeun di Koco alias comberan atau saluran air.

Bercerita tentang bebek koco saya teringat piaraan bebek Nenek saya, bebek yang dipiara Cuma 5 ekor, jantan 1 ekor dan betinanya 4 ekor ... Ingat bukan ekornya saja yang dipiara tapi keseluruhannya loh ... Hehhee.

Beternak Bebek Koco
 Beternak Bebek Koco

Kandang ternak bebek Nenek saya itu Cuma ukuran 1 M2, ini ukuran kandang yang ideal diisi dengan bebek 7 ekor jika kurang dari 7 malah lebih baik, selain itu perhatikan kualitas bibit (DOD), jika anda ingin membudidayakan bebek petelur maka perbandingan bibit jantan dan betina yang baik adalah 4 : 1 ( 4 ekor betina satu ekor jantan), kalau dah lima mungkin gak boleh ya?.... Seperti orang poligami aja ... Hahaha,  tujuannya untuk meningkatkan peluang produksi.

 FOTO : Bebek Koco nenek saya
 FOTO : Bebek Koco nenek saya

Ingat ... ingat ... Bila kita ingin beternak .... Manajeman ternak dapat kita pelajari dari buku - buku praktis cara beternak bebek, banayk dijual di toko buku, inti dari manajemen budidaya adalah kebiasaan sang peternak atau pengelola kandang. Ingat satu hal bahwa tidak ada peternakan yang tidak memiliki resiko kesehatan, dipastikan setiap usaha ternak pasti akan bertemu dengan penyakit termasuk bebek, untuk itu lakukan vasinasi secara lengkap. Saya rasa inti dari sebuah peternakan adalah kesehatan, bila jauh dari penyakit hewan maka anda akan semakin dekat dengan laba. Baca Beternak ayam kampung ala anak - anakku
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar