Kelinci Anak Saya Mulai Beranak

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Senangnya klau kelinci kita beranak, tapi ko sering mati..?. Ya, sudah.  Pengalaman tersebut banyak dialami oleh para penghobi kelinci termasuk saya yang baru mulai ternak, bukan ternak sih ini pelihara aja, kebetulan 3 bulan yang lalu anak saya yang kecil merengek ingin kelinci, ya sudah beli aja ke pasar, belinya sepasang yaitu jantan dan betina.Sebelumnya saya sudah menulis juga tentang kelinci, silahkan baca di Cara piara / ternak kelinci untuk pemula

Nah. Setelah dibuat kan kandang dan diberi makan cukup, selang beberapa bulan kelincinya beranak

Kelinci Mulai Beranak
Kelinci Anak Saya Mulai Beranak 

“Saya ga tau kelinci hamil tau-tau beranak, jadi lupa gak dibawa ke dokter kandungan ... hehe” 

Nah, setelah beranak, kelinci jantan dan betina harus dipisahkan tidak boleh disatukan.

Kelinci jantan harus dipisahkan
Kelinci jantan harus dipisahkan dari kelinci betina harus dipisahkan tidak boleh disatukan.

Setelah kelinci beranak kita harus membuat box, masukan anak kelinci kedalam box tapi ingat jangan tersentuh tangan langsung gunakan lap/sarung tangan atau apapun untuk memindahkannya. Induk kelinci akan menyusui biasa nya pada malam hari menjelang subuh. 


Tugas kita memastikan bahwa si anak-anak kelinci disusui induk nya cara nya memperhatikan anakan pada pagi hari nya jika terlihat buncit dan bergerak-gerak lincah tandanya disusui induknya dengan baik. Jika tidak kita harus memastikan ke esokan hari nya jika anak kelinci yang kita curigai makin kurus dan makin lemas harus segera di pisahkan dan rawat oleh kita sendiri.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar