Menu Komentar Di Dashboard Blog Hilang

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com- Ada email masuk ke saya, dari mas Ridwan G. Katanya ada sedikit masalah dengan komentar bloggnya, dipostingan blog semua komentar atau di dasboard blognya gak muncul Komentar. Saya akan sedikit menulis, siapa tau saja bisa membantu sahabat saya yang mengalami masalah seperti ini. 

Saya berani menulis karena saya pernah mengalaminya pada tampilan halaman dashboard blog saya dulu. TIDAK ADANYA menu "KOMENTAR" di sana. Padahal umumnya, dalam kondisi normal, menu yang satu itu biasanya terpampang di antara menu "LAMAN (PAGE)" dan "GOOGLE+". Seperti pada Gambar di bawah ini.

Menu Komentar Di Dashboard Blog Hilang
 Menu Komentar Di Dashboard Blog Hilang

Ini email dari mas Ridwan Ghani

“Assalamualaikum mang, mf kalo saya ganggu..
Saya mau nanya nih mang, kenapa Menu Komentar di dashboard blog saya
gak muncul ea? saya dah coba browsing gk nemu solusinya.

Barangkali mang Yono tau, mohon di bagi solusinya mang? Terimakasih sebelumnya”

Dulu saya sempat kaget dan mencari – cari di dasboard blog, dan akhirnya ketemu juga. Dengan Tidak ada menu "komentar" yang entah lenyap dan menghilang ke mana, terang saja saya menjadi tidak bisa mendapatkan notifikasi (pemberitahuan) ketika ada komentar baru yang masuk.

Cara menyelesaikannya padahal sangat mudah
Masalahnya ternyata terjadi karena faktor centangan (checklist) pada kotak di Menu Google+ pada halaman dashboard. Memang betul sekali, sebelumnya saya pernah mencentang kotak pilihan "Gunakan Google+ Komentar". Ini dia rupanya yang menyebabkan hilangnya menu komentar. Nah, solusi untuk menindak lanjuti permasalahan model kasus ini, kita hanya perlu menghilangkan centang di menu Google+ Comment tersebut.

KLIK pada kotak tulisan Gunakan Google+ Komentar di blog iniuntuk menghilangkan centangan.
KLIK pada kotak tulisan Gunakan Google+ Komentar di blog ini ? untuk menghilangkan centangan. Seperti pada Gambar diatas,

Dan akhirnya ...... Adaaaaa .... Gadabraaaaah ...... Muncul menu Komentar di dasboard.


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar