Kangen makanan dan lalapan Sunda

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Makanan Sunda itu lebih dari 50% terbuat dari tumbuh-tumbuhan dan daun - daunan, sisanya mungkin dari ikan dan daging. Baca Tumbuhan yang bisa dijadikan lalapan mentah

Yang menjadi pertanyaan saya “ Mengapa Makanan Sunda tidak dapat mendunia seperti halnya Fried Chicken, Hamburger, Pizza, Hotdog dan saudara – saudaranya. Apa mungkin karena belum ada Sentuhan dan Kreativitas Seni serta Budaya dalam bentuk pengemasan, pemberian hiasan, penyajian dan pola hidang yang bikin menarik hati, seperti halnya makanan-makanan yang saat ini sudah menguasi pangsa pasar yang mendunia.

FOTO : Kacang gajih di kebun admin.
FOTO : Kacang gajih di kebun admin.
 
Makanan sunda itu termasuk “Lalab dengan dan gak ketinggalan Sambalnya”, merupakan budaya dan kehidupan masyarakat di kawasan Pasundan nu kuring ... Hhehehe, yang tentunya sudah memiliki sejarah dan perjalanan panjang sejak nenek moyang dan kakek moyang atau karuhun – karuhun orang Sunda jaman dahulu. 

Seperti apa yang terjadi pada saya yang berasal dari Pagaden Barat, Subang. Walau sekarang sudah menjadi penghuni dan bekerja di Jakarta yang identik dengan makanan serba kota ... Hahaha, yang kalau makan siang ataupun makan malam bersama kolega-bisnisnya di rumah makan hotel berbintang – bintang ... Hahha, tetapi rindu  terhadap Makanan Sunda, tidak akan luntur dimakan jaman.

FOTO : Paria belut di kebun admin.
 FOTO : Paria belut di kebun admin.

Menurut saya suatu jenis makanan akan diakui keberadaannya oleh pangsa pasar yang luas, serta diterima oleh lidah para pengguna, ditentukan oleh beberapa faktor penentu antara lain nilai rasa yang ditentukan oleh bahan baku, aroma dan penampilan.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar