Skip to main content

Biji Cempedak Rebus

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Boiled jackfruit seeds are a plain and simple snack that is made at home. The simplest preparation is just to boil the seed and peel the thin husk.  The boiled seeds taste like a combination of boiled potato and taro. It's soft and creamy.

Kalau melihat biji cempedak atau biji nangka suka inget ke kampung ... Hehehe.  Di kampung saya, biji nangka atau biji cempedak ( di Banten disebut Nangka beurit ) biasanya dimanfaatkan untuk camilan. Buat iseng-iseng sambil nonton atau sambil ngeblogg ... hahaha, atau teman minum kopi. Biasanya direbus atau digoreng, tetapi sering juga dibuat tumis.

Biji Cempedak Rebus
 Biji Cempedak Rebus

 
Rupanya ternyata merebus biji cempedak juga biasa dilakukan di daerah lain termasuk di Jakarta. Nah, rebus biji cempedak ini pun dikasi sama boss perempuan ...  Dalam hati saya, oh iya nih cocok buat ngeblogg ... hehehe

Beton cempedak ini enak juga dicamil, asal sudah dimasak, kalau belum sih ... Jangan deh ... hehehe. Kulit ari dari bijinya kelihatan tipis dan tidak setebal kulit biji nangka. Lumayan buat teman minum teh dan ngeblogg saat hujan begini.... Eh, gak hujan ding ... Hahaha.

FOTO : Mengupas kulit biji cempedak rebus.
 FOTO : Mengupas kulit biji cempedak rebus. Untuk memakannya terlebih dahuli kupas kulit ari biji cempedak yang berwarna coklat, ngupasnya gampang kok, gak sesulit ngupas biji nangka / beton.

Untuk biji cempedak yang direbus atau digoreng, hasilnya agak lembut dan empuk. Beda banget dengan biji nangka yang digoreng. penampilannya garing seperti. 

Berikut ini cara merebus biji cempedak :
i. Cuci bersih biji cempedak.
ii. Siapkan panci, nyalakan api, masukan biji cempedak, garam dan air secukupnya.
iii. Rebus sampai biji cempedak empuk. Angkat dan tiriskan. Siap disajikan.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar