Cara menangkap Siput di sawah

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Nah, sekarang saya akan menulis tentang cara mencari dan menangkap siput sawah, keong sawah, atau tutut.

Kalau yang ini sih menurut saya gak usah pake tenaga dan keahlian khusus atu terlatih, cukup pasang mata elang yang jeli, cari siput-siput atau keong atau pun tutut yang berukuran cukup besar awas salah ambil, malah ngambil keong mas, karena keong mas itu harus diolah berkali - kali untuk menghilangkan racun, beda banget dengan siput, keong biasa atau tutut, diolahnya cukup sekali .

Cara menangkap Siput di sawah
Cara menangkap Siput di sawah

Siput-siput, keong atau tutut itu biasanya nempel nemplok di rumpun padi, di pematang pinggir sawah atau berendam di lumpur di bawah permukaan air, di bekas tapak juga bisa sih. Siput ini mudah terlihat dan dikenali, berbentuk bulat dengan kulit berwarna hitam.

Kalau sudah ketemu, tinggal comot, gak usah dipukul ... Hahah, dan masukan ke dalam ember, pelastik keresek, atau wadah apa aja asal jangan dimasukan ke saku celana aja ... Hahah. Mudah bangedd khan? Jangan khawatir siput nggak akan lari! Lha wong, siput nggak bisa lari kok... Cuma di cerita dongeng sikancil dan siput lomba lari aja siput jadi juara, padahal sebenernya yang didepan itu siput yang lain hehehe …
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar