Kabupaten Subang mendapat rekor MURI Toleat dan Nanas

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Kabupaten Subang memecahkan rekor Nanas dan Toleat di Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan memakan nanas oleh 11.700 orang dan memainkan alat musik tradisional Subang  Toleat oleh 1.250 orang secara bersama-sama.

Selain untuk memecahkan rekor MURI, pesta ini juga digelar untuk mempromosikan Subang sebagai penghasil buah nanas terbesar di Jawa Barat serta memperingati HUT Kabupaten Subang Ke-67. 

Kabupaten Subang mendapat rekor MURI Toleat dan Nanas
 Kabupaten Subang mendapat rekor MURI Toleat dan Nanas

Sedikitnya sekitar enam ton nanas disediakan oleh pihak panitia dalam pesta ini dan pentas alat musik Toleat ini berlangsung di Alun-Alun Subang Kota, Minggu (5/4/2015). Baca Cara mengetahui Nanas Simadu, Subang

Alat musik Toleat merupakan salah satu jenis musik tiup (Aerophone) khas daerah Subang.Toleat biasa dimainkan oleh penggembala di daerah pantura sambil menunggu gembalaanya. Baca juga Malam Apreisasi Mang Parman Maestro Toleat.

Pemecah Rekor MURI Sebanyak 1.250 Orang Memainkan alat musik tradisional Subang  "Toleat"
 Pemecah Rekor MURI Sebanyak 1.250 Orang Memainkan alat musik tradisional Subang  "Toleat". Minggu malam 5/4/2015. Foto dari bu Lurah Yuli Merdekawati, Lurah Cigadung, Subang

Awalnya toleat dibuat dari bahan jerami karena perkembangan jaman dan biar keawetan bahannya maka sekarang toleat dibuat menggunakan bahan bambu tamiyang.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar