Khasiat daun mengkudu (pace) dan cara meramunya

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Selain buahnya ternyata daun mengkudu/pace atau di daerah saya daerah sunda disebut cangkudu, selain enak dibuat lalapan ternyata banyak khasiatnya loh ..

Daun mengkudu mempunyai banyak khasiat atau manfaat.. saya pernah mempunyai masalah di perut, perut saya sering perih kalau habis makan dan terasa mual juga, kadang juga terasa sakit..

Khasiat daun mengkudu (pace) dan cara meramunya
 Khasiat daun mengkudu (pace) dan cara meramunya

Saya dah mencoba dengan minum berbagai macam obat sakit maag. Akan tetapi..tidak juga sembuh, kebetulan dibelakang rumah ada pohon mengkudu, awal mulanya saya hanya ingin buat lalap saja, karena rebusan daun mengkudu ini enak dan nikmat sekali..buat lalapan. Beberapa hari saya makan bersama lalap daun mengkudu dan ajaib sekali masalah di perut saya hilang.

Nah, berikut saya tuliskan juga khasiat dari daun mengkudu dan cara meramunya :

Untuk mengobati Diabetes.
Ambil beberapa helai daun mengkudu terus dicuci, rebus sampai matang. Makan sebagai lalap.

Untuk mengobati Diare pada anak.
2 helai daun mengkudu terus dicuci, olesi minyak goreng, garang di atas api sampai layu. Tempelkan sehelai di perut, sehelai di punggung, balut dengan gurita.

Untuk mengobati Encok, pegal linu.
Ambil 5 helai daun mengkudu yang besar terus dicuci, olesi dengan minyak kelapa, garang di atas api sampai layu, panas-panas ditempelkan ke bagian yang sakit.

Enak dan nikmatnya Rebusan daun mengkudu dibuat lalapan
Enak dan nikmatnya Rebusan daun mengkudu dibuat lalapan

Untuk mengobati Radang tenggrorokan dan amandel.
Beberapa helai daun mengkudu terus dicuci, rebus sampai matang. Makan sebagai lalap. Namun setiap setengah jam sekali berkumur dengan air rebusannya.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar