Skip to main content

Cara memasak telur bebek menggunakan tanah

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Cara memasak telur bebek dengan menggunakan tanah dan  membakarnya. Ini adalah pengalaman saya waktu ngangon Sapi , ya ngangon sapi.

Waktu jaman dulu saya sepulang sekolah SD langsung ngangon sapi di sawah yang sudah dipanen, kadang ikut bergabung dengan tukang angon bebek, sambil nunggu telur bebek “ borojolan” dari bebek yang sedang di angon di sawah.

Cara memasak telur bebek menggunakan tanah
 Cara memasak telur bebek menggunakan tanah 

Untuk memasak telur bebek yang biasa saya lakukan pada saat menggembala sapi,  supaya telur bebek yang dibakar  tidak pecah maka saya melakukannya seperti ini :

Pertama : Sebelum dibakar saya biasanya membungkus telur bebek dulu dengan lumpur sawah yang agak liat dan kering dengan ketebalan sekitar setengah cm. 

Kedua : Setelah dibungkus rapat baru telurnya saya bakar. Kalau lumpur pembalutnya sudah tampak kering dan gosong, berarti telurnya sudah matang dan siap di makan, tentunya dengan mengupas lumpur pembungkus dan cangkang telurnya.

Cara ini jarang saya lakukan sekarang, maklum sayanya khan kuli di Jakarta, di Jakarta ntu gak ada telur bebek di sawah ... Paling juga di pasar... Hehehhe.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar