Cara stek sambung kamboja dengan warna bunga berbeda

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Cara stek sambung kamboj. Ini adalah tugas dari Guru sekolah ... hahahaha, langsung dah saya mencoba tehnik penyambungan pohon bunga Kamboja Warna Kuning dengan warna merah dan putih.. 

Tehnik yang saya gunakan yaitu tehnik Grafting V karena lebih gampang dan mudah dipraktekan, tehnik Grafiting V adalah cara yang paling aman, karena bidang perekatan antara batang atas dan batang bawah cukup besar, dan kedua batang dengan mudah dapat menyatu dan tidak mudah lepas.

Foto: Bunga kamboja Kuning dengan kamboja putih.

Tehnik ini pernah saya tulis juga pada waktu sebelumnya di judul, Pohon bunga yang mamang jadikan uji coba sekarang ini yaitu bunga Kamboja. 

Yuk kita simak Tata cara pengerjaannya ....
1. Persiapkan semua alat dan bahan seperti pisau, tali pelastik / Rapia, pelastik kresek transparan.

2. Pilih batang bunga Kamboja yang mau di sambung, mamang ambil pohon bunga Kamboja yang bunganya  berwarna kuning untuk batang bawah, sedangkan  Entress atau batang atas mamang pilih Kamboja yang bunganya berwarna putih atau merah.

Pemotongan dan pembentukan huruf V pada batang atas
3. Potong batang atas secara horisontal, dan buat  irisan berbentuk hurup V terbalik. Lihat Foto diatas.

Pemotongan dan pembentukan huruf V pada batang bawah
4. Potong batang bawah secara horisontal, lurus, dan usahakan pemotongan sekali tebas langsung putus... wuuus. Dan buat  sayatan berbentuk hurup V. Lihat Foto diatas.

Penyambungan batang atas pada batang bawah mengikuti alur huruf V.
5. Rekatkan batang atas pada batang bawah mengikuti alur huruf V. Pastikan bahwa kedua potongan huruf V sebidang sehingga ketika direkatkan, tidak ada rongga. Lihat Foto diatas.
Pengikatan dengan tali rapia
6.  Ikat bidang sambungan dengan plastik pengikat / tali rapia, dengan hati – hati dan kuat. Lihat Foto diatas.


Penyungkupan dengan plastik transparan
7. Setelah selesai pengikatan langsung ditutup dengan plastik kresek yang transparan atau pelastik sejenisnya. Lihat Foto diatas.

Selesai dahhhh. Saya sengaja tehnik sambungan ini dibuat dua pada satu pohon bunga Kamboja tetapi pada cabang yang berbeda, untuk menjaga kegagalan hehehe, maklum kan saya bukan ahlinya.

Nah, ini saya lakukan pada hari Sabtu tanggal 30 Mei 2015, di depan rumahnya Boss saya.  Tinggal tunggu saja 2  atau 3 minggu setelah penyambungan, apakah berhasil atau gagal semua, kalau gagal ya tinggal ulangi lagi sampai berhasil hehehe..

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar