Skip to main content

Resep cobek Ikan Mas yang sedap, gurih dan nikmat

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com –  Ikan mas tak hanya elok dipandang mata dan dijadikan ikan hias di kolam. Ikan mas juga merupakan salah satu jenis ikan yang populer dikonsumsi. Karena rasa daginya yang sedap, gurih dan nikmat.

Wajar jika banyak lidah yang jatuh cinta pada ikan tawar yang satu ini termasuk saya juga sih ... Heheh. Daging ikan mas juga tebal. Di bawah ini saya tulis resep cara membuat ikan mas bakar yang sudah sering saya praktekan.

Resep cobek Ikan Mas yang sedap, gurih dan nikmat
Resep cobek Ikan Mas yang sedap, gurih dan nikmat 


Siapkan Bahan-bahan:
3 ekor ikan mas. Bersihkan dan keluarkan isi perutnya.
Kecap manis sebanyak 8 sdm.
Margarin sebanyak 2 sdm.
Air perasan jeruk nipis sebanyak 4 sdm.

Ikan mas sudah dibersihkan dan dikeluarkan bagian isi perutnya
Ikan mas sudah dibersihkan dan dikeluarkan bagian isi perutnya

Bumbu – bumbu untuk membakar ikan mas adalah:
Garam sebanyak 2 sdm.
Merica sebanyak 1 sdt.
Bawang putih sebanyak 4 siung.
Kencur 1 ruas
Jahe 1 Ruas
Bawang merah sebanyak 4 biji.
Cabe merah 1 buah atau cabe rawit 3 buah

Cara membuatnya :
Setelah semua bahan-bahan yang diperlukan siap, saatnya kita memulai proses pembuatan ikan mas bakar. Adapun langkah demi langkahnya sebagai berikut ini:

Setelah ikan mas dibersihkan, belahlah bagian dalam perutnya memanjang dan keluarkan isi perutnya, lalu cuci sampai bersih.

Lumuri ikan mas dengan air perasan jeruk nipis dan juga garam. Diamkan selama kurang lebih 10 menit agar amisnya hilang.

Panaskan tungku pembakaran
Panaskan tungku pembakaran, tunggu sampai menjadi bara, panggang ikan mas. Bolak-balik ikan agar matangnya merata. Saat ikan matang, angkat 

Langkah berikutnya, haluskanlah bumbu merica, garam, bawang merah, kencur, jahe dan juga bawang putih. Masukan kecap manis, aduk sampai tercampur. Dan masukan bumbu yang sudah dibuat tadi aduk sambil sedikit di ulek

........
Nah, biar gak penasaran silahkan tonton vidionya DISINI atau dibawah ini
...
...
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar