Waktu yang tepat untuk menyiram tanaman bunga

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Mungkin diantara sobat - sobat termasuk orang yang orang menyiram tanaman saat tengah hari. Itu dilakukan mungkin supaya hawa di sekitar pekarangan jadi adem dan sejuk. Mungkin juga sobat berpikir bahwa menyiram tanaman di siang hari membuat tanaman kembali segar setelah tersengat matahari.

Ada banyak alasan orang menyiram tanaman, tetapi tidak semuanya berguna bagi tanamannya, kalau penyiramannya kurang tepat. Karena, menyiram tanaman di siang hari malah merugikan tanaman. Itu sebabnya menyiram tanaman sebaiknya pagi hari ketika sinar matahari masih belum menyengat. Penyiraman pun sebaiknya pada akarnya supaya suplai air efektif.

 FOTO : Gadis tetangga sedang menyiram bunga di halaman rumah admin.
 FOTO : Gadis tetangga sedang menyiram bunga di halaman rumah admin.

Kenapa begitu? Ini sesuai dengan pelajaran biologi SD, mungkin sobat masih ingat ya. Ketika cuaca sedang panas, pelepasan molekul air dari tanaman sebagai mekanisme untuk hidup berlangsung lebih cepat. Proses penguapan yang biasa disebut evaporasi ini bisa lebih tinggi bila tanaman disiram siang hari.

Nah, untuk mengurangi dampak penguapan air berlebih akibat evaporasi dan transpirasi, hindari menyiram tanaman antara jam 10 pagi sampai jam 18 petang.

Nah, untuk waktu terbaik menyiram adalah jam 5 pagi sampai jam 9 pagi. Menyirami tanaman juga berguna untuk menyingkirkan kotoran dan hal-hal yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman. Siram bagian akarnya karena dari sanalah molekul air disedot untuk didistribusikan ke seluruh bagian tanaman.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar