Cara membuat sambel goang khas Sunda

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com –  Setelah melihat Foto dibawah ini, pasti dah sobat pada ngiler ... Hahha.

Sambal Goang... Ya, namanya sambel goang, sambal goang itu sambal yang gak pakai terasi, kacang tanah atau oncom, tapi bahan dasarnya Cuma cabe rawit, garam gula tomat dan bawang merah, penyedap kalau suka.

Cara membuat sambel goang khas Sunda
 Cara membuat sambel goang khas Sunda

Mau buat sambal sederhana untuk pelengkap atau teman makan coba bikin sambal goang dijamin makan bertambah lahap... Nambah lagi dan nambah lagi... Hehehe. Cabai yang digunakan bisa menggunakan cabe rawit merah atau cabe rawit hijau atau cabe merah, cabai hijau jadinya disebut sambal goang merah atau hijau.

Di Subang, Bandung, Sumedang, Bogor dan sekitarnya sambal goang ini cukup populer, bahkan orang sunda sudah terbiasa makan nasi sehari-hari dengan ikan asin, lalapan, kerupuk dan dilengkapi dengan sambal goang sederhana, memang bahannya sederhana dan mudah membuatnya cukup sediakan cabai rawit, kencur, gula dan garam secukupnya tinggal di ulek sambal goang telah jadi ada juga yang menggunakan bawang merah. 

Nah, yang paling mantab sambal goang dijadikan pelengkap nasi liwet. Oke, kita langsung mengolah bahan-bahan untuk sambal goang.

Bahan untuk sambel goang :
- 15 buah cabai rawit merah atau cabe rawit hijau, putih
- Gula atau penyedap
- Kencur (kira-kira sebesar ibu jari tangan)
- Garam secukupnya

Cara membuat sambal goang sunda
Haluskan semua bahan dan bumbu dengan cara diulek menggunakan Jobekan ( Coet ) pengulek ( Mutu )

Ingat ... Jangan terlalu halus dan segera hidangkan. Biarkan dalam bentuk kasar memang sudah ciri khas dari sambal goang.

FOTO : Sambel Goang, Lalapan, Cobek Ikan mas, Nasi putih
 FOTO : Sambel Goang, Lalapan, Cobek Ikan mas, Nasi putih ... Udah segitu aja cukup... Hehehe
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar