Panen padi di Pagaden Barat, Subang.. Harga gabah turun.

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com -  Panen padi di Pagaden Barat, Subang.. Harga gabah turun. Para petani memanen padi di desa Bendungan, Kecamatan Pagaden Barat, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Termasuk saya juga pada hari minggu panan pedi walau sawah saya ntu gak begitu luas.... 

Rencana saya sih mau saya jemur gabahnya, untuk kebutuhan makan selama 3 bulan kedepan... Di Kecamatan Pagaden Barat harga gabah kering panen (GKP) pada musim panen didaerah penghasil padi itu turun hingga posisi Rp 5.000 per-kilogram dari harga sebelumnya Rp 5.500 per-kilogram.... yam mendingan di simpan dilumbung aja deh... 

Panen padi di Pagaden Barat, Subang.. Harga gabah turun.
Panen padi di Pagaden Barat, Subang.. Harga gabah turun. Foto penampakan admin jam 8 pagi di sawah Bakan Bandung, Pagaden Barat.
 
Mengingat menanam padi di kampung saya itu harus penuh perjuangan... berjuang dengan memburu air, memompa air untuk mengairi sawah, eh setelah panen harganya malah turun ... Ampun pamarentah.

Padi di sawah sudah menguning...
Bulir Padi di sawah sudah menguning... Di blok Tegalsungsang... Foto jepretan admin tgl. 9 Agustus 2015

Menurut saya dan para petan Pagaden Barat produksi padi 2015 hingga kini bulan Agustus sedang panen. Mungkin produksi padi diperkirakan masih terjadi sampai November sebelum masuk musim paceklik.

FOTO : Bulir padi padat berisi
FOTO : Bulir padi padat berisi... Hari ini Minggu 09 Agustus 2015 melakukan pemanenan padi di sawah admin

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) mencatatkan produksi padi berdasarkan Angka Ramalan (ARAM) I ‎tahun 2015 mencapai 75,5 juta ton Gabah Kering Giling (GKG) atau meningkat 4,7 juta ton setara 6,6% dari produksi padi tahun 2014 yang hanya 70,8 juta ton GKG.


Baca artikel ini juga Jadi Petani di Hari Minggu.. Andai aku menjadi..

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar