Inna Lillahi ..... Pak Raden (drs Suyadi) Meninggal Dunia.

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Inna Lillahi wa inna ilaihi raji'un ..... Pak Raden (drs Suyadi) tokoh filem boneka meninggal dunia.

Tadi saya nonton berita di TV ada kabar duka datang dari tokoh kenamaan dalam film boneka Si Unyil, drs Suyadi atau lebih dikenal dengan nama Pak Raden. Menurut kabar Pak Raden meninggal dunia dalam usia 82 tahun di Rumah Sakit PELNI, Petamburan, Jakarta Barat, Pada Jumat malam (30/10/2015) pukul 22.20 WIB.

Inalillahi wa inna ilaihi rojiun
 Inna Lillahi wa inna ilaihi raji'un telah wafat guru bangsa, legenda dongeng Indonesia, maestro sketsa Indonesia Drs Suyadi (Pak Raden), pada hari jumat malam jam 22.20 WIB......

Menurut kabar .... Sebelum mengembuskan napas terakhir, kondisi kesehatan Pak Raden sempat menurun drastis sejak siang. Pria yang dikenal dengan belangkon dan kumis lebatnya itu mengalami infeksi pada paru kanan.

..............****................

Buat anak - anak yang dulu seusia saya, pasti minggu pagi di tahun 80-an nongkrong di depan TV buat nungguin aksinya serial panggung boneka si Unyil..... Hehehe Si Unyil memang film favorit di masa kecil saya, selain ceritanya yang Indonesia banget juga belum ada pesaingnya :) 

Serial filem Si Unyil ditujukan kepada anak-anak, film seri boneka ini menceritakan tentang seorang anak Sekolah Dasar (yang lalu akhirnya setelah bertahun-tahun lamanya bisa mencapai posisi Sekolah Menengah Pertama) bernama Unyil dan petualangannya bersama teman-temannya. Nah, kta “Unyil” itu berasal dari “mungil” yang berarti “kecil”.

Drs. Suyadi, saat itu adalah salah satu ahli animasi di Indonesia yang jumlah keseluruhannya bisa dihitung make jari.... Pria kelahiran Jawa Timur... Kelahiran 28 November 1932 ini adalah lulusan Departemen Senirupa ITB. Setelah ia lulus dari situ, ia melanjutkan studi nya pada bidang film, di Cineastes Associes and Les Films Martin Boschet, Paris tahun 1961-1964. Awal nya ia bekerja menjadi ilustrator buku, khususnya buku anak-anak.

Setelah bertahun-tahun menjadi ilustrator, Drs. Suyadi pun berpindah dengan menggarap film-film animasi. Awalnya ia hanya membuat film animasi untuk iklan-iklan masyarakat. Sampai akhirnya ia menyentuh cita-cita nya, membuat film animasi untuk anak-anak dari boneka ... SI UNYIL ...



Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar