Kutu Mayang, Ranginang dan Opak itu apa dan terbuat dari apa ?.

Sampurasun ... Rampes. 

MANGYONO.com - Ranginang, Kutu Mayang dan Opak itu apa dan terbuat dari apa ?. 

Kutu Mayang atau biasa disebut juga dengan nama Rangining adalah makanan khas Sunda yang terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan tapioka. Dan bisa ditambahkan dengan mencampurkan terasi. Adonan tepung beras dengan tapioka ini pertama-tama dicetak membentuk seperti lingkaran, kemudian dikukus dan dijemur hingga kering. Setelah kering Kutu mayang atau Rangining baru bisa digoreng.

Dari atas kebawah.. Kutu Mayang / Rangining, Ranginang, Opak. Foto by Teh Gemini Tea
Dari atas kebawah.. Kutu Mayang / Rangining, Ranginang, Opak. Foto by Teh Gemini Tea



Nah, untuk rasa Kutu Mayang atau Rangining ini rasanya renyah, asin, seperti ranginang. Rangining bisa digunakan sebagai teman nasi juga loh.

Raginang adalah makanan khas yang terbuat dari beras ketan yang dikukus dengan rempah tertentu dan ditempelkan satu sama lainnya.. Atau istilah sundanya mah entep remeh .. Hehehe.... Biasanya dicetak dengan bentuk bulat atau lonjong.  Selanjutnya dikeringkan/dijemur kemudian digoreng. Selain rasa yang original baik asin maupun manis sekarang sudah tersedia raginang dengan berbagai rasa seperti keju, pedas, dan rasa lainnya. 
 
Ranginang pun termasuk cemilan kategori 'kerupuk' karena rasanya yang kriuk - kriuk.
  
Opak adalah salah satu cemilan populer di kalangan masyarakat Sunda. Dengan bahan utama beras ketan, opak mengandung banyak karbohidrat. Opak bisa dikategorikan sebagai 'kerupuk'. Namun, pembuatannya berbeda dengan kerupuk pada umumnya. Opak dimasak dengan dibakar di atas bara api atau pun digoreng.


Hal paling dikhawatirkan adalah cuaca mendung apalagi hujan karena tidak bisa menjemur Kutu Mayang, Ranginang atau Opak.
 
Kutu Mayang, Ranginang atau Opak membutuhkan panas matahari sampai tiga hari. 

"Kalau tak ada sinar matahari bisa dimasukkan ke oven, namun biaya produksi akan mahal."
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar