--> Skip to main content

Anak suka melempar barang ... Apa yang harus dilakukan.

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Anak suka melempar barang ... Apa yang harus dilakukan.

Kemarin saya masuk ke forum Ayah bunda dan menuliskan pertanyaan seputar anak saya yang kecil "Gigin" atau biasa dipanggil Cecep... Setiap kali makan bareng selalu saja ada yang dilemparkan, dari makanan, lalapan, duri ikan piring atau gelas.. sampai - sampai saya suka malu kalau sedang makan bareng di rumah mertua... Selalu ada bunyi ... Prayyy.. bunyi piring atau gelas ke lantai..

Anak suka melempar barang ... Apa yang harus dilakukan.
Anak suka melempar barang ... Apa yang harus dilakukan.


Tulisan saya... 

"Ayah bunda ... Anak saya umur 3,5 tahun, dari sejak umur 1 tahun sukanya melempar barang ... Bagai mana cara mengatasi bila anak suka melempar barang - barang disekitarnya, baik itu piring, gelas atau makanan.... 

Terimakasih atas jawaban ayah bunda
Dari 
Mang Yono
(Petani, Pagaden Barat )

Jawaban dari pertanyaan saya ....

Ayah Yono , Petani pagaden barat ... Apabila balita Anda suka melempar benda di sekitarnya. Jangan khawatir, Ayah. Si balita sedang mengalami masa transisi.

Saat memasuki usia 1 tahun, bayi merasa senang melihat barang yang ada di tangannya jatuh ke lantai. Si bayi juga paham bahwa tindakannya tersebut pasti memancing reaksi Ayah bundanya.

Melempar atau menggelindingkan bola secara bolak-balik adalah cara terbaik untuk memaksimalkan koordinasi mata dan tangan, kemampuan motorik, dan tentu saja, waktu berkualitas bersama si kecil.

Keranjang basket mini bisa jadi pilihan buat si kecil untuk melampiaskan keinginan melempar barang.

Lempar bola ke suatu target seperti kaleng atau kotak bekas bisa jadi alternatif menarik.

Jika si kecil melempar makanan/makanan ke arah Anda, kakak atau teman sepermainannya, maka tindakan tegas harus Anda lakukan. Beri pengertian bahwa tindakannya itu salah dan tidak boleh dilakukan lagi.

Ingatkan (lagi, dan lagi) bahwa hanya ada beberapa barang yang memang boleh dilempar untuk bermain, tanpa ada teriakan atau serangan. Beri pemahaman bahwa melempar mainan kepada orang lain dapat melukai orang lain dan membuat ruangan berantakan.

Yang perlu di ingat.... Jangan sampai ia melihat Anda melempar barang ketika marah dengan istri. Ingat, anak-anak adalah peniru ulung. Lucunya, hal buruk lebih cepat ditiru, sedangkan hal yang baik justru perlu berulang-ulang mengajarkannya...... "
...................&&&&&&.................

Apa mungkin anak saya pernah melihat saya melempar piring atau gelas ya... ah saya gak pernah berantem sama istri sambil melempar piring dan gelas... apa mungkin pernah melihat tetangga yang melempar mangga saya yah... Hihi..

Eh tadi saya lupa mau nanya satu lagi kebiasaan anak saya Gigin .... Yaitu kebiasaan suka "nyolok panon " mencolok mata apabila melihat orang tersebut tidur atau merem... ah sudah lah nanti saya tanya lagi deh...

Apa mungkin " Uyah mah tara tees ka luhur " ...
 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments