Cara menanam jagung di pematang sawah

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Cara menanam jagung di pematang sawah

Selama ini mayoritas para petani termasuk saya, yang namanya pematang sawah itu, ya jalan setapak untuk melewati ke sawah - sawah. Hanya buat jalan satu orang saja. Apalagi sekarang ini, saya lihat pematang sawah makin sempit saja..... Hehhehe.

Cara menanam jagung di pematang sawah
 Cara menanam jagung di pematang sawah

Sebagian kecil para petani termasuk saya memanfaatkan pematang sawah sebagai tanaman sela/tumpang sari. Saya pernah menanam kacang panjang, cabe, mentimun, terong, jagung, pare pahit, pare belut dan lain - lain. Meskipun hasilnya tak seberapa tapi cukup dah buat keperluan sendiri.

Seperti pada musim tanam padi di Blok Tegalsungsang sekarang ini saya menanam jagung sebagai tumpang sari di pematang sawah.... Pematang sawah yang ditanami yaitu pematang sawah yang masih berbatasan dengan sawah sendiri... Kalau yang berbatasan dengan sawah orang lain mah gak saya tanami... Kalau tetep ditanami, nanti malah diomelin tetangga sawah.... Hehehe 

Cara menanam jagung di pematang sawah:
i. Benih jagung ditanam dengan cara dibuat lubang / menggunakan tugal. Untuk meningkatkan kesempatan biji berkecambah, tanamlah 2-3 biji bersama-sama dalam setiap lubang.

ii. Usahakan benih jagung yang sudah dimasukkan dalam lubang ditutup dengan pasir / pupuk kandang / atau abu pembakaran daun, bisa juga menggunakan sekam arang padi. 

iii. Benih jagung tidak menyukai lahan yang terlalu banyak air. Tanah yang basah tanpa ada genangan air akan membuat benih jagung tumbuh dengan baik. Jika terlalu banyak air benih jagung akan membusuk. 

iv. Tanaman yang tumbuhnya paling tidak baik, dipotong dengan pisau atau gunting tajam tepat di atas permukaan tanah. Pencabutan tanaman secara langsung tidak boleh dilakukan alias dilarang, karena akan melukai akar tanaman lain yang akan dibiarkan tumbuh. Penyulaman bertujuan untuk mengganti benih yang tidak tumbuh/mati, dilakukan 7-10 hari sesudah tanam (hst). 

Tanaman jagung di pematang sawah admin.
Tanaman jagung di pematang sawah admin.

v. Penyiangan rumput pada tanaman jagung dilakukan 2 minggu sekali sekalian membersihkan pematang sawah dari rumput. Penyiangan pada tanaman jagung yang masih muda dapat dengan tangan atau cangkul kecil, atau parang. Penyiangan jangan melukai perakaran tanaman yang pada umur tersebut masih belum cukup kuat mencengkeram tanah maka dilakukan setelah tanaman berumur 15 hari. 

Pemupukan pertama menggunakan pupuk urea..

vi. Pemupukan jagung yaitu pupuk kandang untuk tahap dasar, selanjutnya menggunakan pupuk Urea, pupuk TSP/SP 36 , dan pupuk KCl. Pemupukan dapat dilakukan dalam 3 tahap. Pada tahap pertama (pupuk dasar) pupuk menggunakan pupuk kandang yaitu kotoran ayam, kotoran kambing dan kotoran kerbau berbarengan dengan penanaman biji jagung. Pada tahap ke dua pupuk diberikan setelah tanaman jagung berumur 3-4 minggu setelah tanam. Pada tahap ketiga (pupuk susulan ), pupuk diberikan setelah tanaman jagung berumur 8 minggu atau setelah malai keluar.




Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar