--> Skip to main content

Alat Musik Kacapi Asal Sunda, Jawa Barat

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Alat Musik Kacapi Asal Sunda, Jawa Barat.

Dari ribuan gugus pulau, suku, bahasa, budaya, adat istiadat, terdapat banyak sekali instrumen musik tradisional yang lahir dan berkembang di daerah - daerah. Bahkan banyak yang belum pernah kita dengar bunyi bahkan namanya.

Alat musik tradisional seperti Kacapi, Angklung, Gong, Kolintang, Sasando, baru lima dari sekian banyak yang tersebar di penjuru nusa. Yuk... Aset berharga bangsa tercinta ini kita lestarikan supaya bunyi merdunya masih bisa didengar generasi kita yang akan datang. 

Nah, disini saya akan coba menulis alat musik tradisional Kacapi yang berasal dari tatar Sunda... 

 Alat Musik Kacapi Asal Sunda, Jawa Barat.

Kacapi itu alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik. biasa dimainkan sebagai alat musik utama dalam Tembang Sunda atau Mamaos Cianjuran dan kacapi suling.

Kacapi dalam bahasa Sunda juga merupakan tanaman sentul, katanya pohon sentul tersebut kayunya bagus digunakan untuk membuat alat musik kacapi.

Kebanyakan kacapi terbuat dari kayu Kenanga yang direndam 2 atau 3 bulan. Untuk senarnya Kacapi sekarang lebih menggunakan kawat baja.

........
Nah, biar gak penasaran silahkan tonton vidionya DISINI atau di vidio dibawah ini
...
...
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments