Berapa umur benih padi siap ditanam ?.

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Berapa umur benih padi siap ditanam ?.

Setelah melalui hasil diskusi panjang dengan Penyuluh Pertanian dan rekan-rekan di petani, terbersit untuk menyampaikan beberapa tips dan trik Budidaya Padi.

Umur Bibit yang paling baik adalah antara 20 s.d. 25 hari. Memindahkan atau mencabut tanam harus hati-hati karena batang masih lemah dan akar mudah putus dan ditanam tidak dalam. Dalam praktiknya selama ini, Umur bibit kurang dari 25 harian lebih banyak dimakan keoang mas.

Berapa umur benih padi siap ditanam ?. Foto jepretan admin di sawah Bakan Bandung, Pagaden Barat, Subang.

Menanam padi  orang Sunda menyebutnya dengan kata “tandur” adalah langkah ketiga dalam bertani. Setelah sebelumnya dua langkah telah di lakukan yaitu; tebar benih dan olah lahan untuk penanaman padi.

Bila benih padi di persemaian telah berumur sekitar 20 -25 hari, atau tinggi benih sekitar lebih sejengkal tangan, Maka benih sudah siap di tanam.

Setelah lahan telah diolah dan sudah  siap, maka benih padi siap di pindah tanam ke lahan sawah. Namun sebelumnya kita perlu  mencabutnya dari media persemaian tadi, dan orang Sunda menyebutnya “Babut“. Memanglah kegiatan di sawah masih banyak menggunakan cara tradisional-konvensional. 


Masih banyak dengan menggunakan tangan. Benih di cabut sampai akar-akarnya, perlunya ke-hati-hatian agar benih tidak putus. Agar lebih mudah, maka pada waktu pencabutan, area persemaian baiknya di rendam air dengan ketinggian air sekitar 5 Cm atau setinggi 1/4 batang padi. 

Setelah benih-benih  di cabut, lalu benih diikat, tujuannya agar mudah membawanya.  satu ikatan seukuran satu genggaman tangan besar. Ikatan-ikatan ini nantinya  di taruh/disebar di area lahan yang akan di tanam, untuk mempermudah penanaman.
Share:

1 komentar:

  1. Apa akibatnya benih padi di tanam lebih 25 hari ,misalnya 30 hari

    BalasHapus