Cara menanam kangkung darat di pot

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Cara menanam kangkung darat di pot

Menanam kangkung bisa dilakukan di dengan media pot. Nah, kakngkung yang di tanam yaitu kangkung darat, yaitu kangkung yang ditanam dari biji.

Pot yang digunakan adalah pot bunga yang meiliki lubang-lubang kecil pada bagian bawahnya, namun untuk menghemat biaya pot atau polybag dapat diganti dengan menggunakan kaleng atau ember bekas. Tapi ingat bagian bawah kaleng dan ember bekas harus dibuat lubang – lubang. . Untuk membuat lubang dapat dilakukan dengan menggunakan paku atau besi yang dipanasi. Tapi, jika menggunakan pot yang dibeli di tokok atau polybag sobat tidak perlu membuat lubang-lubang untuk resapan air.

Cara menanam kangkung darat di pot
 Cara menanam kangkung darat di pot

Penanaman kangkung darat disini saya menggunakan cara menanam biji kangkung langsung. Artinya, saya tidak melakukan penyemaian terlebih dahulu. Tetapi biji – biji kangkung ditanam langsung.

Kalau saya disini menggunakan pot yang terbuat dari pasangan batu bata, ukurannya agak lebar juga kira – kira 40 cm x 150 cm dengan tinggi pot sekitar 50 cm. Tapi langkahnya sama saja. Nah, biar gak penasaran silahkan lihat di postingan saya sebelumnya yang berjudul Cara menanam kangkung darat

Isilah wadah dengan menggunakan Tanah gembur yang telah dicampur dengan pupuk kandang atau pupuk kompos (1kompos : 2 Tanah).

Buat lubang menggunakan jari sebanyak 3 lubang tiap pot.

Kemudian masukkan 3 - 4 biji kangkung pada setiap lubang.

Tutup lubang dengan tanah. Biarkan sambil tetap menyiram 2 hari sekali sampai bibit kangkung tumbuh. Setelah tumbuh penyiraman harus dilakukan setiap pagi dan sore hari.

Setelah 3 hari penanaman biji, kangkung akan tumbuh. Seperti terlihat di foto di bawah ini. 

Ini tanaman kangkung yang sudah berumur 3 hari
 Ini tanaman kangkung yang sudah berumur 3 hari

Setelah 7 hari penanaman biji, kangkung akan mulai meninggi. Seperti terlihat di foto di bawah ini.
Ini tanaman kangkung yang sudah berumur 7 hari dari penanaman
 Ini tanaman kangkung yang sudah berumur 7 hari dari penanaman


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar