Skip to main content

Cara menanam Roay / Koro (Phaseolus lunatus)

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Cara menanam Roay / Koro (Phaseolus lunatus) 

Roay atau biasa disebut juga Koro (Phaseolus lunatus) merupakan anggota sayuran kacang-kacangan. Jika masih muda Roay bisa dijadikan lalap mentah, dan yang sudah tua bisa disayur. Koro hidup dengan tumbuh menjalar / merambat sama seperti kebanyakan sayur menjalar, roay bisa hidup sampai 2 tahun. 

 
Cara menanam Roay / Koro (Phaseolus lunatus)

Biji koro juga bisa dikonsumsi dengan cara digoreng yang biasa disebut kacang koro. Nah, dibawah ini ada cara menanam roay / koro

Cara menanam roay / koro
I. Langkah pertama yaitu menambahkan pupuk kandang/kompos, tapi bagi tanah yang subur cara ini tidak diwajibkan...

II. Buat lubang dengan jarak antara lubang sekitar 60 cm. Benih yang sudah disiapkan tidak perlu di semai ditempat penyemaian, tapi langsung ditanam pada lubang yang sudah dibuat. Masukkan 1-2 biji koro/lubang.

Memasukkan 1 biji koro/lubang.
 Memasukkan 1 biji koro/lubang.

III. Tutup dengan tanah kembali, tapi boleh juga menggunakan arang sekam padi atau abu pembakaran daun. Seperti pada foto dibawah.

Menimbun biji roay
 Menimbun biji roay

Nah, itulah Cara menanam Roay / Koro (Phaseolus lunatus) untuk perawatan atau pemanenan silahkan baca tulisan saya selanjutnya ya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar