Apa bedanya padi sawah dengan padi gogo

Apa bedanya padi sawah dengan padi gogo

Anak saya yang Sulung tanya soal padi sawah dan padi gogo atau gogorancah. Nah, setau saya padi sawah dan padi gogo itu beda... Beda lokasi penanamannya...  Kalau padi sawah itu ditanam disawah kalau padi gogo di lahan yang kering, misal di ladang.

"Pak, apa bedanya padi sawah dan padi gogo/gogorancah ?, terus padi sawah bisa ditanam sebagai padi gogo ga?, terus padi gogo bisa juga ditanam sebagai padi sawah ga?."


Ini menurut saya lagi .... Dari penanaman pun berbeda... Padi sawah butuh banyak air dan ditanam disawah, sedangkan padi gogo ditanam pada lahan yang gak banyak air atu, biasa ditanam di ladang. 

Apa bedanya padi sawah dengan padi gogo
 Apa bedanya padi sawah dengan padi gogo. Ini foto padi sawah di bakan bandung, Pagaden barat, Subang

Untuk Padi sawah ada juga yang ditanam secara gogo, biasanya ditanam disela-sela hutan jati singkong, rambutan, sengon yang belum gede, karena varietasnya relatif tahan kekeringan, namun hasilnya tidak maksimal. 

Sedangkan padi gogo bisa saja ditanam seperti padi sawah tapi masa panennya akan panjang, artinya panennya akan lama, dan hasil sedikit, kalo jenis padi yang bisa ditanam disawah dan gogo, saya belum tau jenis padi apa, karena sampai saat ini belum ada varietas padi yang bisa berproduksi maksimal di dua dunia... Eh, dua keadaan sawah dan gogo. 

Meskipun saat ini banyak petani yang menanam padi sawah secara gogo, itu karena "kreatif" petani saja, bukan suatu anjuran dari dinas terkait.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar