Skip to main content

Indonesia kembali raih swasembada pangan

Indonesia kembali raih swasembada pangan

Budidaya Tanaman Padi Sawah bisa menjadi salah satu alternatif dalam menciptakan Indonesia yang makmur dan sejahtera. Tak hanya itu, dengan membudidayakan padi, maka kita turut berjuang dalam mewujudkan swasembada pangan yang dulu pernah dialami bangsa Indonesia pada beberapa decade silam... Pada orde Baru.... Jamannya Presiden Soeharto. 

Padi merupakan salah satu komoditi pertanian Indonesia yang paling banyak di tanam oleh penduduk pribumi Indonesia. Karena tanaman padi adalah sumber makanan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia dan merupakan komoditas pertanian yang menyumbang banyak pendapatan dalam neraca perdagangan Indonesia.

Indonesia kembali raih swasembada pangan
 Indonesia kembali raih swasembada pangan. Foto jepretan admin di bakan bandung, Pagaden Barat, Subang.

Padi merupakan tanaman pokok penghasil beras yang dapat dibudidayakan di sawah dan didaratan. Indonesia adalah termasuk negara agraris yang seharusnya dapat menghasilkan beras sendiri untuk dikonsumsi oleh seluruh masyarakat. Namun kenyataannya justru pemerintah banyak mengimpor beras dari luar negeri guna menutupi kekurangan pasokan beras di tanah air. Sebenarnya potensi indonesia dalam menghasilkan beras cukup tinggi. Hal ini dapat dilihat dari wilayah indonesia yang banyak memiliki daratan dan pesawahan.

Sebenarnya potensi indonesia dalam menghasilkan beras sebagai bahan pokok pangan dapat ditingkatkan untuk meraih kembali julukan Indonesia swasembada pangan, yaitu dengan membudidayakan tanaman padi dan memperbanyak lahan padi agar pasokan beras tidak kekurangan. Caranya yaitu .... 

i. Pemerintah dapat bekerjasama dengan para petani dan memberikan subsidi yang lengkap kepada para petani agar petani dapat membudidayakan tanaman padi dengan baik dan benar supaya panen berhasil dan mucekil.

ii. Datangkan penyuluh pertanian keseluruh pelosok daerah dimana para petani becocok tanam atau melalui kelompok – kelompok tani.

Tanaman padi dapat dibudidayakan dengan cara ditanam disawah dan didarat. Nah untuk Indonesia kembali raih swasembada pangan terutama tanaman padi yang dibudidayakan di sawah, harus mengetahui, memahami dan mempraktekan Tahapan – tahapan cara terbaik budidaya tanaman padi sawah, diantaranya.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar