--> Skip to main content

Cara menanam pisang yang baik dan benar

Cara menanam pisang yang baik dan benar

Cara menanam pisang itu bagusnya dilakukan menjelang musim hujan yaitu di bulan September dan bulan Oktober. Tapi sekarang juga gak apa – apa sih.

Pada umur 1 tahun rata-rata pisang sudah berbuah. Saat panen ditentukan oleh umur buah dan bentuk buah. Ciri khas panen adalah mengeringnya daun bendera. Dan dengan siku-siku buah yang hampir bulat.

Cara menanam pisang yang baik dan benar 
Cara menanam pisang yang baik dan benar


Berikut ini cara menanam pohon pisang :
i. Siapkan bibit, bibit bisa ngambil di kebun sendiri atau minta tetangga kalau ada tetangga yang punya, kalau suruh mengambil atau meisahkan dari indukan ya kita gali dulu lalu potong penghubung ke indukan.

ii. Setelah dipotong dari indukan, bersihkan tanah yg menempel di akar. Simpan bibit di tempat teduh sekitar satu. Tujuannya sebelum ditanam agar luka pada umbi mengering. Buang juga pelepah daun atau bisa juga di potong pada ujung batang atas, kalau yang saya biasa lakukan yaitu memotong pada ujung batang bagian atas, tinggal tebas , sudah beres dah hehehe.

iii. Pembuatan Lubang Tanam : Ukuran lubang tanam biasanya persegi 30 x 30 x 30 cm atau terserah sobat saja dah.. hehe.. ndak perlu pas – pas banget kale kalau buat percobaan mah, ukurannya kurang kurang 5 cm tidak masalah eheheh.
Pembuatan Lubang Tanam
Pembuatan Lubang Tanam 
iv. Setelah pembuatan lubang selesai... Bagian dari dasar lubang tanam diberi pupuk organik seperti pupuk kandang/kompos sebanyak 10 sampai 15 kg. Karena pemupukan organik sangat berpengaruh terhadap kualitasrasa buah nantinya.

Galian dan bibit tanaman pisang
Galian dan bibit tanaman pisang

v. Posisi penanaman bibit pohon pisang harus tegak. 

Penanaman pisang
Penanaman pisang harus tegak

vi. Setelah itu timbun menggunakan tanah galian tadi setelah penuh bisa dipadatkan dengan cara menginjak – injak disekeliling pohon pisang.

Penimbunan kembali dan pemadatan pada tanaman pisang
 Penimbunan kembali dan pemadatan pada tanaman pisang
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments