--> Skip to main content

Padi ketan nasional masih kurang... Yuk, menanam padi ketan.

Padi ketan nasional masih kurang... Yuk, menanam padi ketan.

Komoditi padi ketan nasional saat ini belum optimal, karena padi ketan kita ini masih harus impor dari Negara lain untuk memenuhi kebutuhan di dalam negeri. Oleh karena itu, saat ini optimalisasi ketersediaan padi ketan melalui budidaya oleh para petani lokal, harus terus didorong dan digalakkan di berbagai daerah.

Seperti saya dan 5 petani lain ini yang mulai menanam padi ketan di Bakan Bandung, Kecamatan Pagaden Barat, Kabupaten Subang yang saat ini tengah membudidayakan varietas unggul jenis ‘Grendel’. Meskipun petani di Bakan Bandung ini baru lima orang yang menanam padi ketan di areal seluas 4 hektaran. Semoga saja musim tanam berikutnya para petani ikut menanam padi ketan.

Tanaman padi ketan admin di Bakan Bandung 
Tanaman padi ketan admin di Bakan Bandung, Desa Bendungan, Kecamatan Pagaden Barat, Kab. Subang, Prov Jawa Barat. 
Foto jepretan admin 24 April 2016


Awalnya saya tergiur hasil dari padi ketan tetangga saya Hj. Nurbaeah, waktu panen hasilnya bagus, tengkulak pun berdatangan, dan yang jempol.. Padi ketan ini tahan terhadap hama tanaman padi.

Nah, kalau harganya bagus dan memuaskan ... Mungkin di musim tanam berikutnya saya akan menanam padi ketan kembali.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments