--> Skip to main content

Di Sini Jaipongan Kian Tergusur. Di Luar Negeri Jaipongan Digemari

Di Sini Jaipongan Kian Tergusur. Di Luar Negeri Jaipongan Digemari

Jaipongan adalah sebuah tradisi kesenian yang mengakar di Tanah Parahiyangan. Baca Kesenian Jaipongan

Kini, memang kesenian itu masih ada. Namun, kini tak lagi menampilkan Sinden yang merdu melagukan lagu Langgam Jaipongan. Tak ada lagi tarian ketuk tilu dan lagu Adu Manis. Kini berganti “Keong Racun” dan “Goyang Dua Lima”.

Tak ada lagi sinden yang berkebaya dan bersanggul, serta piawai menarikan tari jaipongan. Kini grup kesenian jaipongan yang dulu laris itu, tak lagi menampilkan itu. Dan itu.... Yang tampil ada biduan berbaju seksi, minim dengan tampilan seronok. Bergoyang “ngebor” atau “patah-patah” bahkan naik keatas atap panggung.... Hehehe.

Ekaterina Makanina menari jaipong "Daun Pulus Keser Bojong" di Acara Dirgahayu Republik Indonesia di KBRI Moskow
Ekaterina Makanina menari jaipong "Daun Pulus Keser Bojong" di Acara Dirgahayu Republik Indonesia di KBRI Moskow

Baca juga :  
Puri Emily Traditional & Modern Jaipong go International 
PURI EMILY RATU JAIPONG 2015 - 2016


 
Tapi.... Mau apalagi, bila tradisi memang sudah begitu dan rasa anak muda, lebih gandrung dan suka naik panggung di iringi musik dangdutan, dan bergoyang genit dengan sang biduan. Jarang anak muda, yang lihai ngarengkenek menarikan tari jaipong.

Padahal di negeri sebrang sana, jaipongan digemari dan di gandrungi. Dianggap kesenian eksotis. Banyak bule yang belajar ingin menguasai... Seperti pada video di bawah ini "Ekaterina Makanina" Menari jaipong "Daun Pulus Keser Bojong" di Acara Dirgahayu Republik Indonesia di KBRI Moskow, pada 17 Agustus 2015 yang lalu...


Berikut ini ada vidio Jaipongan DISINI

...
...
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments