Hal - hal penting terhadap kelinci yang baru lahir

Hal - hal penting terhadap kelinci yang baru lahir

Hal terpenting yang perlu diperhatikan terhadap kelinci yang baru lahir yaitu

Pemeriksaan terhadap anak kelinci  dan Menjaga Keselamatan anak kelinci

i. Pemeriksaan terhadap anak kelinci   
Pemeriksaan terhadap anak kelinci dilakukan setelah dua hari induk melahirkan, maka kita perlu melakukan pengecekan terhadap anak kelinci. Tujuannya adalah.. Apakah kondisi anak yang baru lahir kondisi sehat, cacat atau mati. Anak kelinci yang mati harus segera diambil karena akan menimbulkan penyakit. Pada saat melakukan pemerikasaan supaya induk tidak takut dan marah, sebaiknya induk diberikan makanan untuk mengalihkan perhatian sehingga induk menjadi tenang dan yang perlu diperhatikan yaitu jangan memegang langsung anak kelinci tanpa menggunakan sarung tangan, karena induk kelinci gak bakal mau menyusui anak kelinci yang dipegang tangan langsung.. 

Hal - hal penting terhadap kelinci yang baru lahir
 Hal - hal penting terhadap kelinci yang baru lahir

ii. Menjaga Keselamatan anak kelinci
Tujuannya adalah supaya keselamatan anak kelinci terjamin, adapun yang dilakukan yaitu:
a. Disiapkan kotak sarang, sehingga anak kelinci akan terlindung dengan aman. Kotak sarang digunakan induk saat melahirkan, dimana pada usia 9-10 hari anak kelinci belum berbulu dan matanya masih menutup. Pada usia 19-20 hari anak kelinci baru mau meninggalkan sarang dan ikut makan rumput bersama induk kelinci
b. Anak kelinci harus terlindung dari induk jantan, seharusnya induk jantan dipisahkan dari anak kelinci yang baru lahir. Hal ini disebabkan karena induk jantan akan mengejar induk betinda sehingga anak kelinci akan terinjak - injak.


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar