Cara Menyapih Dan Memisahkan Anak Kelinci Dari Induknya

Cara Menyapih Anak Kelinci Dari Induknya

Anak kelinci bisa kita sapih setelah mampu makan sendiri, umumnya paling lambat pada umur delapan minggu (56 hari). Mengingat pada minggu keenam (42 hari) susu induk sudah susut, biasanya pada saat itu anak kelinci sudah mulai disapih oleh induknya.

Berdasarkan pengalaman, anak-anak kelinci bisa disapih pada umur 42 hari atau ketika sang anak kelinci sudah makan rumput. Kelinci sangat membutuhkan perhatian saat berumur di bawah dua bulan atau masa prasapih karena ia sangat rentan terhadap perubahan suhu, musim, dan stres.

FOTO : Anak kelinci berumur 8 minggu
FOTO : Anak kelinci berumur 8 minggu

Pada umumnya peternak kelinci langsung menyapih anak kelinci ketika sudah memasuki umur dua bulan. Lebih baik anak kelinci dipuasakan dulu untuk menyusui. Anak kelinci sudah siap disapih ketika induk sudah tidak mau menyusui. Setelah disapih, anak kelinci dipisahkan dari induknya. Agar anak tidak stres, sebaiknya induk yang dipindah ke kandang lain. Hal ini karena anak kelinci sudah beradaptasi dengan kandangnya yang lama sejak lahir.

Anak kelinci yang sudah disapih sebaiknya ditempatkan dalam kandang sebanyak 2—4 ekor. Hal ini dilakukan untuk mengurangi adanya persaingan antaranak kelinci dalam hal pakan. Saat masih kecil, kebutuhan pakan harus selalu terpenuhi. Hal ini karena dalam masa pertumbuhan, umumnya anak kelinci bisa selalu makan dalam jumlah banyak. Sebelum disapih, sebaiknya anak kelinci sudah dibiasakan dengan pakan hijauan. Dengan demikian, saat disapih, anak kelinci dapat langsung mengonsumsi pakan yang berikan, seperti rumput, sayuran, ampas tahu, atau dedak.



........
Nah, biar gak penasaran silahkan tonton vidionya DISINI atau dibawah ini
...
...
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar