Pesta Dadung / Budak Angon, Kuningan, Jawa Barat

Pesta Dadung / Budak Angon, Kuningan, Jawa Barat

Setiap menjelang musim tanam padi, masyarakat Kuningan, Cirebon, Jawa Barat mengadakan ritual pesta dadung atau pesta budak angon ini merupakan bagian dari upacara seren taun yang diadakan tiap tanggal 22 Rayagung Zulhijah tahun Hijriah pada perhitungan tahun saka.

Budak angon dalam tradisi sunda bukan hanya dimaknai sebagai penggembala saja., namun sesuai Wangsit Siliwangi, budak angon adalah figur atau pemimpin yang ditunggu, yang sederhana dan dapat melayani orang banyak. Karena itu pesta budak angon atau pesta dadung merupakan upacara yang sakral di masyarakat Kuningan, Jawa Barat, sebagai kelengkapan dari upacara adat seren taun.

Pesta Dadung / Budak Angon, Kuningan, Jawa Barat
 Pesta Dadung / Budak Angon, Kuningan, Jawa Barat


Dadung itu adalah ... Tali tambang injuk yang berwarna hitam, tali injuk ini biasanya dipakai untuk mengikat leher kerbau dan sapi serta bisa dibuat cambuk.

Pesta dadung sebagai upaya untuk menolak bala, kerugian atau hal - hal buruk lainnya, serta menjaga keseimbangan agar hama ( sebagai unsur negatif ) tidak mengganggu kehidupan manusia.

Dalam pelaksanaan pesta dadung didahului oleh sukarianya para budak angon dipimpin seorang pemimpin upacara yang diapit oleh dua orang perempuan sebagai penari ronggeng yang bertugas membuka dan menggulung kembali tali dadungnya dalam sebuah tarian sakral. 

Pesta dadung diakhiri dengan makan tumpeng bersama. Sebuah suguhan budaya yang kian terlupakan adalah tanggung jawab kita semua untuk melestarikannya... 


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar