Skip to main content

Rakyat Indonesia Akan dapat Kado Lebaran Dari Pemerintah, Tarif Listrik Naik 140%

Rakyat Indonesia Akan dapat Kado Lebaran Dari  Pemerintah, Tarif Listrik Naik 140% 

Lebaran Tahun ini, masyarakat akan mendapatkan kado istimewa dari pemerintah. Saat lebaran nanti Pemerintah berencana akan menaikkan tarif listrik golongan 900 va atau MCB 4 Ampere per 1 Juli 2016. Tak tanggung-tanggung, kenaikan tarif listrik pada golongan 900 Watt ini ditargetkan mencapai 140 persen.

Tarif listrik untuk golongan rumah tangga (R1) 900VA (900 Watt) atau MCB 4 Ampere akan dikenakan tarif baru sebesar Rp1.400 per kWh. Kenaikan tersebut pasca dikuranginya subisidi listrik 2016. Saat ini tarif untuk golongan (R1) 900VA sebesar Rp565 per kWh.

Rakyat Indonesia Akan dapat Kado Lebaran Dari  Pemerintah, Tarif Listrik Naik 140%
Rakyat Indonesia Akan dapat Kado Lebaran Dari  Pemerintah, Tarif Listrik Naik 140% . Foto jepretan Meteran Listrik  di rumah admin yang menggunakan listrik MCB 4 Ampere atau 900 va (900 Watt)

Kenaikan tarif listrik ini tentunya akan memberikan dampak negatif bagi perekonomian masyarakat Indonesia. Bahkan, bisa jadi hal ini akan berdampak pada ketimpangan perekonomian akibat semakin tingginya beban yang harus dibayarkan oleh masyarakat kita ini.


Indonesia dikenal sebagai negara kaya raya dengan segala potensi alam yang dimilikinya. Tidak ketinggalan pula potensi sumber energi yang melimpah ruah "bru dijuru bro dipanto ngalayah ditengah imah". Sebut saja sumber energi minyak, gas dan batu bara.  Namun sayang sebagian besar sumber energi primer ini ternyata digunakan untuk memenuhi kebutuhan negara lain.

Ironisnya dibalik gencarnya ekspor migas dan batu bara,  Indonesia malah mengalami krisis listrik yang luar biasa.  Krisis listrik di Indonesia bukan lagi kasus  baru, namun sudah  kronis. Bahkan sebagian besar rakyat Indonesia sudah terbiasa dengan penderitaan pemadaman listrik. Pemadaman tidak hanya bergilir bahkan sudah menjadi agenda rutin tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar