Skip to main content

Cara Memilih Daun Singkong Untuk Dimasak Ditumbuk.

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Cara Memilih Daun Singkong

Tidak semua jenis daun singkong itu cocok buat dimasak dengan ditumbuk. Karena itu buat memasak sayur daun singkong tumbuk ini, perlu memilih daun singkong yang tepat agar rasanya lebih lezat.

Cara Memilih Daun Singkong
Cara Memilih Daun Singkong

Di pasar sayuran yang banyak beredar, umumnya ialah jenis daun singkong karet, dengan ciri-ciri daunnya besar-besar dengan tangkai berwarna merah. Permukaan daun sedikit kasar dan warnanya hijau tua atau hijau gelap. Jenis daun singkong ini kurang cocok buat dimasak dengan ditumbuk.

Daunnya yang agak keras dan juga kandungan getahnya yang lebih banyak, menjadikan jenis daun singkong karet ini kurang pas buat dimasak tumbuk. Karena buat memasak daun singkong karet ini harus direbus dua kali. Rebusan pertama buat menghilangkan getah atau racunnya, rebusan kedua buat memasaknya.

Jenis singkong karet memang aslinya bukan buat diambil daunnya sebagai sayuran, tetapi umbinya yang besar-besar biasanya yang lebih banyak dimanfaatkan. Namun pada kenyataannya, ketika pohon singkong karet ini dipanen, daunnya juga banyak yang memanfaatkannya untuk dijual.

Sebenarnya, daun singkong yang enak dan cocok buat dimasak sebagai sayuran ialah singkong Jawa. Demikian banyak orang menyebut jenis singkong ini. 

Ciri-ciri daun singkong Jawa ini ialah :
  • daunnya kecil-kecil, 
  • tangkai daun kuning kehijauan atau merah muda, 
  • rona daunnya lebih banyak hijau cerah dan permukaannya lebih halus.

Karena daunnya yang halus ini, menjadikan daun singkong jenis singkong jawa ini lebih cepat empuk saat dimasak, sehingga rasanya jadi lebih lezat dan enak. Sebab proses matangnya lebih cepat, maka kandungan gizinya juga tak banyak yang terbuang.

Selain lebih cepat matang, daun singkong Jawa ini juga kandungan getahnya tak sebanyakpada singkong karet. Jadi dalam merebusnya dapat langsung sekaligus dengan memasaknya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar