Cara penyemaian pepaya di bedengan dan di kantong plastik

Sampurasun ... Rampes.

Cara penyemaian pepaya di bedengan dan di kantong plastik

Benih harus diambil dari buah yang telah tua atau masak mengkal di pohon. Benih diambil dari 1/3 bagian tengah buah, jangan mengambil biji pada bagian pangkal buah. Lalu biji dibersihkan dari lapisan kulit biji. Cara membersihkan biji dapat dilakukan dengan mencampur biji dengan abu gosok, kemudian diremas-remas sampai seluruh selaput biji hilang atau dengan cara fermentasi, yaitu dengan membiarkan benih-benih tersebut selama 2-3 hari lalu dicuci dengan air bersih.  Selanjutnya biji dikeringanginkan.


Semaian pepaya umur 14 Hari.
 Semaian pepaya umur 14 Hari.


Biji pepaya dapat langsung ditanam dilapangan  atau disemai terlebih dahulu
A. Benih langsung ditanam di lapang
Cara penanaman langsung ini akan menyebabkan pemeliharaan tanaman di lapang menjadi bertambah karena setiap tanaman muda itu harus diperhatikan satu per satu.

 
B.1. Penyemaian di bedengan/ bak penyemaian
Bedengan dibuat ukuran dan panjang sesuai kebutuhan. Bedengan diberi naungan  untuk menghindari siraman hujan atau terik sinar matahari. Atap naungan di sebelah dibuat lebih tinggi (1-1,5 m) dari pada di sebelah lagi (60-80 cm).

Penyemaian di bak penyemaian
Penyemaian di bak penyemaian

 
Lahan untuk bedengan digemburkan tanahnya sampai halus, kemudian campur dengan pupuk kandang dan pasir dengan perbandingan (1:1:1). Biji disemai dengan kedalaman ½ cm, dan disiram setiap hari. Biji akan berkecambah 12-14 hari setelah tanam. 

Saat bibit semaian berumur 2-3 minggu dari saat berkecambah, bibit dapat dipindah ke dalam kantong-kantong plastik yang telah diisi campuran tanah dan pupuk kandang (1:1). Pemindahan bibit semai harus dilakukan secara hati-hati agar perakarannya tidak terganggu. Tinggi tanaman pada umur 40-50 hari berkisar 15-25 cm dan sudah dapat pindah ke kebun.
 
2. Penyemaian di kantong plastik
Biji disemaikan dengan kedalaman ½ cm pada kantong plastik yang berisi media tanah : pupuk kandang (1:1). Pada setiap kantong plastik ditanam 3-4  biji untuk menjaga jika ada biji yang tidak tumbuh. Cara ini lebih praktis dan efisien, tetapi kadang-kadang pertumbuhan semai tidak seragam. Waktu dan cara pemindahan bibit ke kebun sama seperti di atas.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar