--> Skip to main content

Desa Curugagung, Kecamatan Sagalaherang

Sampurasun ... Rampes.

Desa Curugagung, Kecamatan Sagalaherang

Desa Curugagung merupakan salah satu desa dari kecamatan Sagalaherang kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat. Kode Pos Kodepos : 41282

Desa Desa Curugagung dapat dikatakan desa terjauh dari kecamatan Sagalaherang. Akses jalan ke desa Curugagung dapat ditempuh melalui empat jalan yaitu melalui Jalan Jambelaer, Jalan Warung Kadu, Jalan Cagak, dan Sagalaherang. Akses jalan menuju desa Curugagung yang termudah dapat ditempuh melalui jalan Warung Kadu, tetapi hampir di setiap titik jalan mengalami kerusakan.

Dari segi struktur organisasi yang terdapat dalam desa Curugagung, sudah meliputi unsur struktur yang termasuk lengkap. Seperti Kepala Desa yang berdiri sejajar dengan perangkat desa, dan membawahi

Desa Curugagung berbatasan dengan empat desa lain, diantaranya: 
Sebelah Utara berbatasan dengan Desa Jambelaer
Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Bunihayu, 
Sebelah Timur berbatasan dengan Desa Parung ,
Sebelah Barat berbatasan dengan Desa Leles .

Hampir sebagian lahan wilayah di desa Curugagung berupa lahan persawahan, lahan perkebunan, dan lahan pemukiman. Menurut data yang kami dapatkan luas lahan perkebunan merupakan lahan terluas di desa Curugagung.


Potensi lain yang telah diberdayakan di desa Curugagung adalah pariwisata. Terdapat beberapa curug yang dapat dikelola menjadi tempat wisata, salah satunya Curug Cina. namun demikian, akses menuju curug tersebut masih kurang memadai, hanya jalan setapak. Baca Wisata Alam Curug Cina, Sagalaherang, Subang, Jawa Barat

 Curug Cina, Sagalaherang, Subang, Jawa Barat . Foto by Ceu Hj. Popon Sugri


Kesenian masyarakat yang terdapat di Desa Curugagung adalah sisingaan. Sisingaan adalah kesenian budaya sunda khas Subang berupa arak-arakan dan atraksi yang dilakukan dalam acara –acara khitanan dan perkawinan.

Kelurahan/Desa lainnya di Kecamatan Sagalaherang :
- Desa Cicadas, Kecamatan Sagalaherang
- Desa Curugagung, Kecamatan Sagalaherang
- Desa Dayeuhkolot, Kecamatan Sagalaherang
- Desa Leles, Kecamatan Sagalaherang
- Desa Sagalaherang, Kecamatan Sagalaherang
- Desa Sagalaherang Kaler, Kecamatan Sagalaherang
- Desa Sukamandi, Kecamatan Sagalaherang 


Data dari  Desa Curugagung, Kecamatan Sagalaherang, Kabupaten Subang, mungkin bisa sobat tambahkan pada kolom komentar atau bagi warga Desa Curugagung, Kecamatan Sagalaherang, boleh mengirimkan data atau kegiatan dari desa tersebut ke  email  : blogmangyono(at)gmail(dot)com. Atau bagi sobat yang tinggal di Desa lain ( masih di wilayah Kabupaten Subang ) bisa mengirimkan poto asli jepretan sobat dan data Desa sobat untuk dipublikasikan di Blog Mang Yono ( BIAR MAKIN KEREN DESANYA dan DIKENAL DUNIA ).


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments