--> Skip to main content

Morfologi Tanaman Labu Kuning

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Morfologi Tanaman Labu Kuning

Tanaman labu kuning merupakan suatu jenis tanaman sayuran menjalar dari famili Cucurbitaceae, yang tergolong dalam jenis tanaman semusim. Tanaman labu kuning dapat tumbuh di dataran rendah maupun tinggi.

Morfologi Tanaman Labu Kuning
Morfologi Tanaman Labu Kuning


Morfologi Tanaman Labu Kuning Terdiri Atas :
1. Batang Labu Kuning
Batang labu kuning merambat atau menjalar cukup kuat, bercabang banyak, berbulu agak tajam, panjang batang dapat mencapai 5 – 10 meter. Bahkan di Amerika labu kuning musim dingin jenis butternut dapat merambat sampai 500 meter. 

Pada ketiak daun, muncul sulur-sulur berbentuk pilin (Spiral) yang berfungsi sebagai alat pemegang sehingga batang tetap kokoh tertambat pada tanah, rumput atau batang kayu.
2. Daun Labu Kuning
Bentuk daun labu kuning menyirih, ujungnya agak runcing, tulang daun tampak jelas, berbulu halus dan agak lembek hingga bila terkena sinar matahari agak layu. 

Labu kuning termasuk berdaun lebar, garis tengahnya dapat mencapai 20 cm, berwarna hijau atau agak abu-abu. 

Letak daun berselang seling diantara batang, panjang tangkai daun 15 – 20 cm

3. Bunga Labu Kuning
FOTO : Bunga Betina Labu Kuning
 FOTO : Bunga Betina Labu Kuning

Bunga labu kuning berbentuk lonceng dan berwarna kuning. Bunga labu kuning bersifat uniseksual-monoesius, yakni dalam satu rumpun bunga terdapat bunga jantan dan bunga betina. 

Bakal buah terdapat pada pangkal bunga betina, sedangkan pada bunga jantan tidak terdapat bakal buah. Penyerbukan bunga labu kuning dapat terjadi karena angin atau serangga.

4. Buah Labu Kuning
Buah labu kuning terdiri dari lapisan kulit luar yang keras dan lapisan daging buah yang merupakan tempat timbunan makanan. Dalam daging buah inilah terkandung beberapa vitamin antara lain : vitamin C, vitamin A dan vitamin B. Buah labu kuning berwarna kekuning-kuningan dan yang masih muda berwarna hijau. 

Bentuknya bermacam-macam tergantung dari jenisnya : 
  • Ada yang berbentuk nokor (bulat pipih dan beralur), 
  • Berbentuk oval, 
  • Berbentuk panjang 
  • Berbentuk piala. 

Biji labu kuning terletak di tengah-tengah daging buah, yakni pada bagian rongga yang diselimuti oleh lender dan serat. 

Bentuk bijinya pipih dan ujungnya meruncing.

5.  Akar Labu Kuning
Setelah biji labu kuning berkecambah akan keluar akar pertama dan daun tunas, kemudian disusul dengan keluarnya akar-akar rambut yang makin lama makin banyak. 

Panjang akar labu kuning dapat mencapai 40 cm.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments