Pohon Baobab (Ki Tambleg) Adansonia digitata

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Pohon Baobab (Ki Tambleg) Adansonia digitata

Pohon Baobab dikenal sebagai pohon 'Roti Monyet', Pohon Terbalik, di Indonesia dikenal juga dengan nama Pohon Ki Tambleg dan Asam Buto. Adapun nama ilmiahnya adalah Adansonia digitata. Pohonnya nampak seperti bentuk botol dengan batang yang dapat menyimpan hingga 30.000 galon air selama musim kemarau.

 FOTO : Pohon Baobab (Ki Tambleg) Adansonia digitata di Wisma Karya, Subang.


Pohon Baobab banyak terdapat di kawasan Afrika. Pohon ini  bernilai tinggi untuk manusia dan hewan karena menyediakan makanan, obat-obatan. Dalam pengobatan tradisional Afrika, Baobab digunakan untuk membantu mengobati demam, diare, disentri, malaria, cacar dan peradangan .


FOTO : Buah Baobab (Ki Tambleg) Adansonia digitata.
 FOTO : Buah Baobab (Ki Tambleg) Adansonia digitata.


Pohon Baobab biasanya berbuah setahun sekali. Bijinya mengandung Omega 3 , 6 dan 9 . Sedangkan asam amino esensial terdapat dalam daging buah. daging buah mengandung vitamin C yang tinggi ( 6 x lipat dari jeruk ) juga mengandung vitamin (A, B1, B2, B6) . Mengandung mineral seperti kalsium, fosfor , potasium, zat besi , sodium , seng.

FOTO : Biji Baobab (Ki Tambleg) Adansonia digitata. Foto by Bos Azhar
 FOTO : Biji Baobab (Ki Tambleg) Adansonia digitata. Foto by Bos Azhar

 
Selain hidup di daratan Afrika, ternyata Pohon Baobab (Ki Tambleg) Adansonia digitata ini tumbuh subur di Indonesia, tepatnya di Kabupaten Subang, Jawa Barat, Indonesia. Bahkan di Kabupaten Subang, pohon ini merupakan ikon konservasi lingkungan

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar