--> Skip to main content

Dibuat (Panen Padi)

Sampurasun ... Rampes.

Dibuat (Panen Padi)

MANGYONO.com - Panen adalah pemungutan (pemetikan) hasil sawah atau ladang.

Istilah panen paling umum dipakai dalam kegiatan bercocok tanam dan menandai berakhirnya kegiatan di lahan.

Panen pada masa kini dapat dilakukan dengan mesin pemanen seperti combine harvester, tetapi dalam budidaya yang masih tradisional atau setengah trandisional orang masih menggunakan sabit atau bahkan ani-ani. Panen tanpa mesin merupakan salah satu pekerjaan dalam budi daya yang paling memakan banyak tenaga kerja. 

 Dibuat (Panen Padi)


Pemanenan padi harus dilakukan pada umur panen yang tepat, menggunakan alat dan mesin panen yang memenuhi persyaratan teknis, kesehatan, ekonomi dan ergonomis, serta menerapkan sistem panen yang tepat. Ketidaktepatan dalam melakukan pemanenan padi dapat mengakibatkan kehilangan hasil yang tinggi dan mutu hasil yang rendah. Pada tahap ini, kehilangan hasil dapat mencapai 9,52 % apabila pemanen padi dilakukan secara tidak tepat.
Umur Panen Padi

Pemanenan padi harus dilakukan pada umur panen yang memenuhi persyaratan sebagai berikut :
i. 90 – 95 % gabah dari malai tampak kuning.
ii. Malai berumur 30 – 35 hari setelah berbunga merata.
iii. Kadar air gabah 22 – 26 % yang diukur dengan moisture tester.
 
Pemanenan padi harus meng-gunakan alat dan mesin yang memenuhi persyaratan teknis, kesehatan, ekonomis. Alat dan mesin yang digunakan untuk memanen padi harus sesuai dengan jenis varietas padi yang akan dipanen. Pada saat ini, alat dan mesin untuk memanen padi telah berkembang mengikuti berkembangnya varietas baru yang dihasilkan. 

Alat pemanen padi telah berkembang dari ani-ani  menjadi sabit biasa kemudian menjadi sabit bergerigi dengan bahan baja yang sangat tajam dan terakhir telah diintroduksikan reaper, stripper dan combine harvester.

Baca juga :  
Cara penjemuran padi dengan alas terpal / plastik  
Cara perontokan padi dengan pedal thresher 

Cara perontokan padi dengan gebotan 
Cara Penumpukan dan Pengumpulan Padi 
Cara Pemanen Padi dengan Sabit 
Cara Pemanenan Padi dengan Ani-ani. 
Dibuat (Panen Padi)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments