Apa itu Besi Beton Banci?

Sampurasun ...

Apa itu Besi Beton Banci?

MANGYONO.com - Besi Beton Banci bukanlah besi beton yang dijual orang banci atau bencong seperti yang anda lihat pada gambar sebelah. Besi Beton Banci adalah sebutan untuk besi beton murah yang memiliki ukuran, specifikasi dan kwalitas yang tidak sesuai dengan kriteria SNI alias Standar Nasional Indonesia.


Hingga saat ini Besi Beton Banci masih cukup banyak beredar di pasaran karena harganya yang memang jauh lebih murah ketimbang Besi Beton SNI. Pemakaian besi beton non SNI di Indonesia memang sudah tidak asing lagi, bahkan pemakaian dan peredaraannya mungkin sudah terjadi selama belasan atau puluhan tahun lalu.



Ini besi beton SNI
 Ini Besi beton standar SNI

Nah, cara mengetahui Besi Beton BanciMenurut ketentuan SNI syarat toleransi ukuran diamater adalah ± 1%, tapi para produsen nakal mengurangi ukuran diameternya. Contohnya, BjTB S10 yang artinya BjTB sirip berdiameter 10 milimete. Ukuran standar produk itu oleh mereka dikurangi menjadi 9,1 mm.

Dapat dibedakan dari panjang Produk.... Seharusnya sesuai Standar Nasional Indonesia panjang produk BjTB adalah 12 meter, tapi produsen nakal akan mengurangi ukuran panjang tersebut misalnya menjadi 11,5 meter. “BjTB bisa diselewengkan seperti itu. Konsumen harus berhati-hati memilih produk yang ditawarkan penjual nakal. Karena besi beton yang murah itu bisa jadi besi beton banci,” tambahnya.

Selain kriteria tersebut, kita bisa mengenali produk melalui cetakan timbul logo produsen (emboused). Misalnya, Master Steel dicetak MS, Krakatau Steel dicetak KS, dan Cakra Steel dicetak CS. Logo itu tidak dicat pada produk, melainkan berupa cetakan timbul. Dan tulisan SNI juga berupa tulisan timbul.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar