Cara Mudah Menanam Singkong

Sampurasun ...

Cara Mudah Menanam Singkong

MANGYONO.com - Tanaman singkong dari mulai akar sampai daun singkong, semua bisa dimanfaatkan. Jangan heran kalau banyak orang yang suka dengan jenis tanaman ini.Disamping penanamannya mudah perawatannya juga gak sulit - sulit amat.

Umbi singkong biasanya dimanfaatkan untuk diolah menjadi berbagai macam panganan mulai dari kripik singkong sampai dengan tape singkong. Selain akarnya, daun singkong juga bisa diolah menjadi sayur, dibuat pecel atau hanya direbus/dikukus untuk lalapan. Atau bisa juga dibuat sebagai pakan ternak mulai dari ikan sampai dengan bebek.


Cara Mudah Menanam Singkong
Cara Mudah Menanam Singkong


Budidaya singkong sebenarnya cukup mudah, mulai dari pemilihan bibit, penanaman, penyulaman pemeliharaan sampai dengan pemanenan.

Berikut ini cara mudah menanam singkong:
i. Untuk bibit singkong sebaiknya dipilih dari indukan yang memiliki varietas unggul.... Kalau ingin panen unggul ya harus tanam pakai bibit unggul juga khan... Betul khan ?. 

ii. Untuk penanaman singkong bisa dilakukan berdasarkan cuaca. Jika yang digunakan adalah lahan kering, sebaiknya penanaman dilakukan pada awal musim hujan.
 
iii. Penanaman bibit singkong adalah dengan cara menancapkannya ke tanah sedalah 5 sampai 10 cm dengan perkiraan perhitungan 1/2 sampai 3/4 dari panjang bibit tertimbun tanah.

iv. Selanjutnya untuk yang harus dilakukan dalam proses budidaya tanaman singkong yaitu penyulaman untuk mengganti bibit yang mati dengan yang baru. 

v. Penyiangan gulma / rumput disekitar tanaman singkong. Supaya tanaman singkong tumbuh subur, gak ada yang mengganggu.

vi. Untuk pemanenan yaitu umur tanaman 6 sampai 12 bulan tergantung jenis dan varietasnya. Panen dilakukan dengan cara mencabut batang singkong dari tanah kemudian mengambil singkong yang tertinggal dalam tanah.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar